Tips Terhindar Dari Jetlag Jelang Liburan Akhir Tahun

Ilustrasi-Penumpang pesawat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Memasuki akhir tahun, sudah umum bagi masyarakat untuk berlibur bersama keluarga. Berlibur bersama di akhir tahun menjadi agenda wajib bagi sebagian orang dengan tujuan agar bisa kembali meningkatkan keintiman antar anggota keluarga.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Bukan hanya berkunjung ke beberapa destinasi di dalam kota. Tidak sedikit dari keluarga yang memutuskan untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga ke luar negeri. Salah satu alasannya untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. 

Melakukan perjalanan keluar negeri tentu menjadi hal yang menyenangkan bukan? Namun terkadang jarak tempuh yang begitu lama membuat liburan menjadi tidak seindah yang dibayangkan. 

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Hal itu disebabkan mulai dari ruang gerak yang terbatas jika menggunakan pesawat kelas ekonomi, hingga penumpang yang menyusuri tempat duduk mereka dan antrean check in bandara. Hal yang seperti itu pun berujung pada kasus jetlag yang sering diderita.

Jetlag menjadi hal yang paling sering dijumpai oleh penumpang pesawat terbang. Kejadian ini sering dialami ketika seseorang melakukan perjalanan jarak jauh. 

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

Jetlag sendiri didefinisikan sebagai serangkaian gejala yang dialami seseorang ketika beradaptasi dengan kondisi zona waktu yang baru. 

Jetlag, bisa membuat perubahan nafsu makan, gangguan pencernaan, hingga tekanan darah. Hal ini juga bisa membuat Anda sangat lelah dan terkadang membuat perubahan mood seseorang. 

Jetlag ini menjadi sesuatu yang mengerikan. Oleh karenanya akan lebih baik jika Anda mencegah jangan sampai kejadian tersebut menimpa dirinya. 

Dilansir dari laman, express ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari fenomena tersebut. Salah satunya adalah dengan memilih kursi penerbangan dekat jendela. Seorang ahli telah mengklaim, dengan memilih kursi penerbangan dekat jendela mampu untuk mengatasi kondisi jetlag tersebut.

"Pesanlah sebuah tempat duduk di dekat jendela sehingga Anda bisa mengendalikan keterpaparan Anda terhadap cahaya dan kegelapan selama penerbangan Anda. Namun, Anda perlu hati-hati memilih bagian mana dari pesawat yang Anda duduki," kata Pakar tidur Dr Breus. 

Selain itu, memilih tempat duduk dekat jendela membuat Anda tidak akan terganggu ketika seseorang ingin mondar-mandir menuju toilet. Jika tadi merupakan cara pencegahan, Anda yang telah mengalami jetlag bisa menghabiskan waktu di luar rumah. 

"Waktu siang hari akan membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan rutinitas baru setelah kebanyakan penerbangan," papar NHS. 

Jika Anda saat ini mencari cara untuk mengurangi jetlag, NHS merekomendasikan untuk menghabiskan waktu di luar rumah. 

"Alam siang hari akan membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan rutinitas baru setelah kebanyakan penerbangan,” kata dia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya