Layanan Kesehatan Online Bisa Turunkan Biaya Kesehatan

Dokter Terawan sambangi kantor BPJS
Sumber :
  • Viva.co.id/Bimo Aria

VIVA – Menteri Kesehatan Agus Terawan Putranto terus berupaya mengembangkan konsep E-health di Indonesia. Terawan mengatakan bahwa layanan kesehatan online menjadi penting untuk sistem pendukung kinerja dan manajemen fasilitas pelayanan kesehatan.

Tangani COVID-19, Luhut Klaim Pemerintah Mereformasi Bidang Kesehatan

Dalam upaya mengembangkan layanan kesehatan berbasis online, Terawan sudah memiliki sejumlah langkah ke depan. Salah satunya ialah dengan menggandeng sejumlah start up kesehatan.

"Kemitraan ini membawa era baru di bidang layanan kesehatan yang diawali dengan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan upaya promotif dan preventif yang akan menurunkan biaya layanan kesehatan yang semakin tinggi di Indonesia saat ini," ungkap Terawan  dalam siaran persnya.

Digitalisasi Informasi Kesehatan, Kemenkes Gandeng Startup

Terawan menyadari pentingnya kemitraan dengan praktisi industri teknologi kesehatan mampu mempercepat kemajuan sistem layanan kesehatan dalam negeri. Sementara itu, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia, dr. Adhiatma Gunawan, juga mengatakan bahwa penggunaan teknologi dalam layanan kesehatan diharapkan mampu menyediakan dan memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan informasi kesehatan yang akurat, kredibel dan terpercaya.

"Kami akan terus berkolaborasi dengan berbagai institusi kesehatan, untuk memperkuat ekosistem kesehatan digital di Indonesia serta untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat akan platform kesehatan yang terpercaya, andal, kredibel, inovatif dan aman,"kata Adhiatma.

'Kue' Startup Layanan Kesehatan di Indonesia Masih Besar

Seperti diketahui, pada rangkaian perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tahun 2019, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Parade Inovasi Bidang Kesehatan Tahun 2019 dengan tema “Membangun Ekosistem Digital Kesehatan untuk Hidup Lebih Sehat”.

Sebanyak 92 inovasi dengan kategori pelayanan publik, pelayanan kesehatan serta tata kelola administrasi telah diusulkan oleh 34 UPT Ditjen Pelayanan Kesehatan serta 14 RS Daerah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Pemerintah Sediakan Layanan Kesehatan Gratis bagi Pasien Isoman

Selain layanan gratis lewat telemedicine, para pasien Isoman itu juga nantinya juga akan mendapatkan obat gratis sesuai gejala.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2021