Mengenal Istilah Rumah Sakit Kelas A hingga D

Ilustrasi ruangan rumah sakit.
Sumber :
  • Pixabay/ TheShiv76

VIVA – Saat membutuhkan pengobatan atau penanganan penyakit, warga pasti akan segera meluncur ke rumah sakit. Baik yang disediakan oleh pemerintah, maupun dimiliki dan dikelola oleh swasta.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Jika diperhatikan, cukup banyak tersedia rumah sakit di kota-kota besar. Namun, yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah masing-masing memiliki tingkatan atau kelas.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan, dikutip Sabtu 16 November 2019, setiap rumah sakit yang ada di Indonesia secara umum dibagi menjadi empat kelas, mulai dari Kelas A hingga Kelas D.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Kelas A mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis luas oleh pemerintah. Rumah sakit tipe ini menjadi rujukan tertinggi dari pasien BPJS Kesehatan, dan izinnya diberikan langsung oleh pemerintah pusat.

Ilustrasi rumah sakit.

Parto Patrio Dilarikan ke Rumah Sakit

Sementara itu, RS kelas B adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan kedokteran medik spesialis luas dan subspesialis terbatas. Menjadi kewenangan pemerintah provinsi untuk memberikan izin pada rumah sakit ini.

Rumah sakit kelas C hanya bisa memberikan pelayanan kedokteran subspesialis terbatas, sedangkan Kelas D statusnya dalam tahap transisi, suatu saat akan ditingkatkan menjadi RS Kelas C. Yang berwenang memberikan izin adalah pemerintah kota atau kabupaten.

Sebagai informasi, setelah tiga tahun beroperasi, akhirnya RS Omni Hospitals Cikarang ditetapkan menjadi rumah sakit Kelas B. Untuk bisa mendapatkan itu, mereka telah melakukan penambahan fasilitas dan ahli kedokteran.

Rumah sakit ini dapat menangani berbagai macam gangguan jantung, seperti penyakit jantung koroner, aritmia, gagal jantung, gangguan pada katup jantung, kardiomiopati. Selain itu, juga bisa menangani gangguan aliran darah di otak dan tumor otak, joint replacement, cedera olahraga, batu ginjal, serta pembesaran prostat

“Fasilitas yang dimiliki antara lain CT scan 128 slices, Endoscopy, C-Arm, serta fasilitas pendukung lainnya seperti Treadmill, EKG, X-ray, USG, Bank Darah, IGD 24 jam, farmasi, EEG, Medical Check Up, dan Poli Executive,” ujar Direktur Rumah Sakit Omni Hospitals Cikarang, dr Rudy Susanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya