Logo BBC

5 Hal Penting soal Vagina, Salah Satunya Enggak Perlu Pembersih

Ilustrasi vagina/organ intim.
Ilustrasi vagina/organ intim.
Sumber :
  • Freepik/freepik

Terdapat sejumlah mitos tidak benar terkait vagina, dan seorang perempuan berusaha untuk meluruskannya. Dr Jen Gunter adalah ginekolog-ahli kandungan yang telah praktik selama 25 tahun di AS dan Kanada. Dia adalah pegiat kesehatan perempuan dan dipandang sebagai ginekolog khususnya Twitter.

Baru-baru ini dia mempertanyakan komentar bahwa menempatkan telur giok ke dalam vagina dapat mendukung "keseimbangan hormon, keteraturan menstruasi dan kontrol kandung kemih". Gunter menunjukkan bahwa semua ini bukanlah bagian dari tradisi kuno China dan juga tidak memiliki dasar keilmuwan. Pernyataan tersebut kemudian dicabut.

Buku terbaru Gunter, The Vagina Bible, laku keras di sejumlah negara. Buku tersebut penuh berisi nasihat praktis yang dirancang untuk memperkuat perempuan dan membantu mereka menjaga kesehatan. Ini sejumlah hal yang menurut Gunter, perlu diketahui oleh semua perempuan.


- Emma Russell

1 - Penting untuk mengetahui perbedaan antara vagina dengan vulva

Vagina ada di dalam tubuh - saluran otot yang menghubungkan uterus dengan dunia luar. Sementara yang dapat Anda lihat dari luar, bagian yang menyentuh pakaian adalah vulva.

Gunter mengatakan adalah penting untuk mengetahui terminologi yang tepat, dan tidak menggunakan eufemisme.