Jangan Dibuang, Daun Pisang Bisa Redakan Demam Lho

Daun Pisang
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Buah pisang banyak digemari oleh tiap orang di berbagai belahan dunia karena rasanya yang manis dan efek mengenyangkan serta bernutrisi. Banyak orang yang hanya mengonsumsi buahnya dan menggunakan daunnya hanya sebagai alas pembungkus.

Bungkus Daun Pisang Ternyata Punya Banyak Nama

Padahal, daun pisang bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Dalam keadaan segar maupun kering, daun pisang bisa digunakan sebagai perawatan herbal untuk berbagai hal seperti demam hingga atasi luka. Berikut manfaat menakjubkan dari daun pisang dikutip dari laman The Health Site, Selasa 19 November 2019.

Redakan demam

Heboh, Warga Temukan Kelapa Bertunas Daun Pisang

Kaya akan antioksidan dan astrigent, daun pisang bisa meredakan radang dan memininalisir suhu panas saat demam. Secara tradisional cukup mencuci daun pisang hingga bersih lalu rendam di dalam minyak kelapa. Kemudian daun pisangnya bisa ditempatkan di atas kepala untuk meredakan demam.

Kurangi ketombe

Viral Foto-foto Prewed Pakai Daun Pisang, Paket Nusantara!

Dengan kandungan antioksidannya, daun pisang bisa membantu meredakan rambut dan kulit yang kering dan iritasi, di mana kondisi tersebut memicu ketombe membandel. Untuk itu, secara tradisional gunakan daun pisang dengan cara memotongnya lalu rendam ke air dan peras. 

Atasi luka

Daun pisang kering mengandung allantoin dan polyphenol, yang berguna untuk meningkatkan imunitas dan menyembuhkan luka goresan serta jenis luka lain. Secara tradisional aplikasikan daun pisang segar yang telah dicuci bersih dengan madu dan tempatkan di sekitar luka di tubuh. Namun hati-hati ya, karena tidak semua luka bisa diatasi dengan daun pisang. Luka berbagai macam jenisnya, untuk luka dengan kondisi serius seperti luka terpotong atau terbakar, sebaiknya segera hubungi dokter.

Kulit glowing

Masker dengan daun pisang, kenapa tidak? Pemakaian masker oleh daun pisang sudah ada sejak dahulu kala. Kaya akan antioksidan dan anti inflamasi, daun pisang membantu kulit tetap sehat dan glowing. Cara terbaik menggunakannya untuk kulit yaitu daun pisang segar yang sudah direndam dan diperas lalu tempatkan di area kulit yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya