Putri Bungsu Pierre Roland Idap Diabetes, Intip Gaya Hidup Sehatnya

Pierre Roland dan putrinya.
Sumber :
  • Instagram/efratataylor

VIVA – Lama tak terdengar, aktor Pierre Roland kabarnya mengidap diabetes tipe 1. Tak hanya itu, kondisi tersebut pun turut diidap buah hatinya, Efrata Taylor, di usianya yang masih kanak-kanak.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Dalam beberapa unggahan di akun Instagram Efrata, gadis mungil bermata kecil ini tak segan menunjukkan aktivitasnya sehari-hari. Karena kondisi diabetes tipe 1 yang diidapnya, gadis yang baru genap berusia 6 tahun itu harus rutin menyuntikan insulin di area perutnya.

Tak hanya itu, kondisi diabetes tipe 1 juga mengharuskannya mengonsumsi gula dalam jumlah terbatas. Bahkan, pola makan yang dikonsumsi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuhnya.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Yuk intip gaya hidup sehat Efrata, dirangkum dari akun Instagramnya, Rabu, 20 November 2019.

Bekal makan sehat

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Diabetes merupakan kondisi di mana kadar glukosa atau gula darah tinggi. Ini adalah kondisi yang disebabkan oleh autoimun dan belum ada obat untuk menyembuhkannya. Namun, kondisi ini bisa dikontrol dengan rutin memberikan insulin serta pola makan yang sehat.

Efrata sendiri dibekali makan siang yang nikmat dan juga sehat. Menunya sangat lezat mulai dari nasi merah, dada ayam fillet tepung, sayur sawi tumis, brokoli rebus, dan buah sunkist. Hmmm, bisa ditiru nih, moms!

Boleh makan gula, tapi...

Bukan berarti gula tidak diperbolehkan oleh pengidap diabetes tipe 1, melainkan harus dibatasi. Terlebih di saat tertentu ketika kadar gula darahnya cenderung rendah, Efrata sangat butuh asupan gula. Ia pun mengonsumsi es teh dengan gula yang dibatasi.

"Aku boleh makan apa saja tetapi sesuai dengan nutrisi dan insulin yang masuk ke dalam tubuhku, tetapi makanan sehat yang terbaik untuk aku. Seperti hari ini, aku sedikit rendah, makanya aku boleh minum es teh dengan gula secukupnya untuk menaikan kembali glucose level ku , karena glucose level terlalu rendah itu berbahaya untuk aku dan tipe 1 lainnya, coba google Hypoglycemia yah. Ternyata aku ga sendiri loh teman teman, banyak sekali anak-anak seperti aku, kalau kakak kakak om tante lihat anak-anak dengan CgM ( continuous glucose monitor ) di lengan mereka seperti yang aku pakai, kasih senyum yah ,, mereka itu little warrior," tulisnya.

Wajib bawa "Low Box"

Setelah mulai duduk di bangku Sekolah Dasar, Efrata tak hanya mempersiapkan alat tulis. Ia perlu membawa Low Box yang berisi makanan manis untuk bisa memberinya energi saat kadar gulanya rendah. Isi di dalamnya pun juga sangat menyenangkan seperti permen, cokelat, dan susu.

"Halo teman teman hari ini hari pertama kembali ke sekolah, artinya mama dan papa ku harus bertemu dan menjelaskan bagaimana type 1 diabetes, selain keperluan alat tulis, #freestylelibreku , aku harus punya low box di dalam kelas ku, apa saja isinya? Gummy candy, crackers, chocolate milk, milk. Semua dipersiapkan untuk saat aku “Low” dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan ku saja. Aku memang berkebutuhan Khusus, aku harus bekerja sebagai pankreas ku sendiri, yes “diabetes is part of my life, but it doesn’t define me!" tulisnya.

Rutin suntik insulin di sekolah

Pengidap diabetes tak mampu untuk memproduksi insulin karena adanya gangguan pada organ pankreasnya. Menyuntikan insulin bertujuan agar tubuh tetap mendapatkan insulin dengan maksud memberi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Efrata mungil pun tak lepas dari hal ini. Ia pun kerap menyuntikan insulin di sela-sela jadwal sekolahnya dengan bantuan orangtuanya. Semangat terus, Efrata!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya