Cegah Hepatitis A, Hindari Konsumsi Daging Mentah

Ilustrasi Hepatitis.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Hepatitis A adalah kondisi adanya peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh paparan virus hepatitis A. Penyakit ini biasa dikenal di masyarakat dengan istilah penyakit kuning.

Rapper BIG NAUGTHY Dilarikan ke RS Terpapar Hepatitis A, Seberapa Bahayakah Hepatitis A?

Salah satu gejala yang timbul saat terinfeksi virus hepatitis A adalah demam, mual hingga muntah. Bahayanya lagi, kondisi hepatitis A yang terlalu lama atau kronis bisa memicu kematian.

"Virus hepatitis A yang terlalu lama di tubuh bisa merusak organ ginjal atau terkena kanker hati dan memicu kematian," ujar spesialis penyakit dalam dr. Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD, dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, beberapa waktu lalu.

Kenali Gejala Hepatitis yang Kerap Tak Disadari Sebelum Mengganas

Baca juga: Ternyata Hepatitis Ada 5 Jenis, Ini yang Paling Berbahaya

Dokter Wisma menegaskan, hepatitis A sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Hal ini dapat terjadi saat imunitas tubuh sudah baik sehingga proses penyembuhan akan lebih mudah.

KLB Hepatitis A di AS Diduga karena Stroberi Organik

"Hepatitis A bisa sembuh sendiri jika imunitas tubuh kuat. Untuk memperkuat imunitas disarankan mengonsumsi makanan yang seimbang dan sebaiknya hindari makanan mentah yang berasal dari hewan," ujarnya.

Daging hewan yang dikonsumsi bisa menjadi sumber penularan virus hepatitis A. Dengan mengonsumsi secara matang, maka virus bisa mati. Selain itu, melakukan cuci tangan agar terhindar dari virus hepatitis A yang mudah menyebar.

"Harus hidup bersih dengan sering cuci tangan. Mengolah makanan dengan baik terutama yang bahan dasar binatang sehingga virus hepatitis A bisa terbuang atau memasak dengan matang agar virus mati," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya