Khasiat Ajaib Mentimun, Cegah Keriput Hingga Atasi Jerawat

Mentimun.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pakar kecantikan dan ahli gizi sudah tak memungkiri lagi khasiat ajaib dari mentimun. Dengan kandungan yang didominasi air yaitu 95 persen serta 5 persennya mengandung vitamin K dan C, tentu mentimun memiliki kebaikan untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI

Dikutip dari laman The Health Site, Selasa 26 November 2019, air di dalam mentimun membantu tubuh tetap terhidrasi. Selain air dan vitamin, mentimun juga mengandung beta-carotene yang mampu menjaga fungsi sistem pencernaan.

Seringnya, mentimun dijadikan sebagai lalapan dengan cocolan sambal. Namun siapa sangka, mentimun memiliki khasiat kecantikan alami mulai dari pelembab kulit hingga mengatasi mata panda. Berikut deretan khasiat mentimun yang wajib kamu tahu.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Atasi kulit terbakar matahari

Sinar matahari di Indonesia memang membuat sebagian besar warna kulit di tubuh menjadi tidak rata akibat terbakar paparannya. Untuk menghilangkan garis-garis bekas paparan sinar matahari itu, cukup aplikasikan mentimun di atasnya. Dengan kadar air, membuat kulit kembali terhidrasi dan mengembalikan warna alaminya.

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Membuat wajah awet muda

Aplikasikan sehelai mentimun di atas mata untuk membuat kandungan airnya memberi sensasi dingin. Kadar airnya juga mengandung silicon oxida dan antioksidan sehingga membuat kulit awet muda. Selain itu, mentimun dapat mengontrol kekurangan cairan di sekitar mata sehingga meredakan mata panda.

Memperlambat penuaan

Kulit keriput dan kendor adalah indikator paling populer terhadap penuaan dini. Dengan kandungan manganese dan potassium, mentimun dapat membantu mengencangkan serta meredakan keriput yang kerap hadir.

Minimalisir jerawat

Jumlah air yang sangat tinggi di mentimun mengandung antioksidan, sehingga bersifat meredakan peradangan pada kulit. Kadar airnya juga membantu kulit akan nampak bercahaya dan membuka pori-pori yang tertutup. Dengan begitu, membantu kulit meminimalisir minyak berlebih serta jerawat membandel.

Kulit bercahaya

Jus mentimun bisa menjadi pilihan di kala cuaca panas melanda. Tapi, jus mentimun juga tepat untuk digunakan sebagai toner alami pada kulit karena mengandung astringent. Dengan kandungan tersebut, mentinun membantu membersihkan kulit serta membuatnya nampak bercahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya