Tak Cuma Kanker, Ini 5 Jenis Penyakit Paru-paru Kronis

Ilustrasi paru-paru/rontgen/x-ray.
Sumber :
  • Freepik/pressfoto

VIVA – Saat mendengar penyakit paru-paru kronis, salah satu yang terpikir pertama kali mungkin ialah tentang kanker paru-paru. Tetapi sebenarnya ada banyak jenis yang berbeda.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Jenis-jenis penyakit paru-paru ini dapat memengaruhi saluran udara, jaringan paru-paru, atau sirkulasi darah keluar-masuk paru-paru. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah jenis penyakit paru kronis yang paling umum

 Asma

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Asma adalah salah satu jenis penyakit paru kronis yang paling umum. Ketika dipicu, paru-paru kamu menjadi bengkak dan menyempit, membuatnya lebih sulit untuk bernapas. Gejalanya meliputi, tidak dapat mengambil udara yang cukup, batuk, merasakan sesak di dada.

Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, penting untuk mengunjungi dokter segera. Pemicunya mungkin termasuk alergi, debu, polusi, stres, dan olahraga.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Penyakit paru obstruktif kronis

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah penyakit paru-paru kronis di mana paru-paru kamu meradang, membuat pernapasan menjadi lebih sulit. Peradangan menyebabkan produksi lendir yang berlebihan dan penebalan lapisan paru-paru.  

Kantung udara, atau alveoli, menjadi kurang efisien dalam membawa oksigen masuk dan mengirim karbon dioksida keluar.

Penyakit paru interstitial

Sejumlah penyakit paru-paru berbeda sesuai dengan istilah payung "penyakit paru interstitial." Penyakit paru-paru interstitial mencakup lebih dari 200 jenis gangguan paru-paru.  Beberapa contoh, seperti sarkoidosis, Fibrosis paru idiopatik (IPF), Histiositosis sel Langerhans, dan bronchiolitis obliterans

Hal yang sama terjadi dengan semua penyakit ini. Jaringan di paru-paru kamu menjadi parut, meradang, dan kaku.  Jaringan parut berkembang di interstitium, yang merupakan ruang di paru-paru kamu di antara kantung udara.

Hipertensi paru

Hipertensi paru merupakan tekanan darah tinggi di paru-paru. Tidak seperti tekanan darah tinggi biasa, yang memengaruhi semua pembuluh darah di tubuh, hipertensi paru hanya memengaruhi pembuluh darah antara jantung dan paru-paru.

Pembuluh darah ini menjadi menyempit dan kadang-kadang tersumbat, serta kaku dan tebal. Jantung kamu harus bekerja lebih keras dan mendorong darah lebih kuat, yang meningkatkan tekanan darah di arteri paru-paru dan kapiler.

Mutasi gen, obat-obatan, dan penyakit jantung bawaan semuanya dapat menyebabkan hipertensi paru-paru.  Penyakit paru-paru lain seperti penyakit paru-paru interstitial dan COPD juga bisa disalahkan.  Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi seperti pembekuan darah, aritmia, dan gagal jantung.

Cystic fibrosis

Cystic fibrosis adalah penyakit paru-paru yang diturunkan yang memengaruhi anak-anak yang baru lahir.  Ini mengubah susunan lendir dalam tubuh. Alih-alih licin dan berair, lendir pada seseorang dengan cystic fibrosis lebih tebal, lengket, dan berlebihan.

Lendir tebal ini dapat menumpuk di paru-paru dan membuatnya lebih sulit untuk bernapas. Dengan begitu banyak di sekitarnya, bakteri tumbuh lebih mudah, meningkatkan risiko infeksi paru-paru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya