Perut Sering Terasa Kembung, Berbahaya Gak Sih?

Perut kembung
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Perut kembung adalah kondisi di mana seseorang merasakan sensasi penuh pada perut, dan membuatnya merasa tidak nyaman. Seseorang yang mengalami perut kembung juga akan merasa lebih sering bersendawa atau kentut, dan perut terlihat membesar.

Catat Ramuan Herbal Atasi Perut Kembung dan Panas Dalam

Ada beberapa cara yang diyakini bisa atasi perut kembung, misalnya konsumsi kopi, hingga mengunyah permen karet. Berikut ini ringkasannya. 

Kopi
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum kopi di pagi hari terutama saat perut kosong dapat membuat asam lambung menjadi semakin buruk.

5 Cara Ampuh Keluarkan Angin dalam Perut untuk Cegah Kembung

Permen karet
Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mengunyah permen karet terutama peppermint bisa meningkatkan kadar asam dalam perut.

Makan terlalu cepat
Di antara Anda pasti ada yang makan terburu-buru akibat berbagai macam alasan. Kebiasan buruk ini akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam perut sehingga membuat asam lambung bereaksi.

5 Makanan Penyebab Perut Kembung, Hati-hati!

Rokok
Merokok adalah salah satu penyebab asam lambung menjadi naik. Asap rokok juga mengalir ke dalam saluran pencernaan dan menyebabkan asam dalam perut meningkat.

Ikan
Penyebab lain yang bisa membuat asam dalam perut meningkat adalah konsumsi ikan dan suplemen ikan. Kebiasaan ini ternyata bisa memicu kenaikan asam lambung bagi beberapa orang.

Meski banyak cara atasi perut kembung namun banyak yang menduga jika perut kembung merupakan tanda penyakit tertentu? Benarkah?

Untuk menjawabnya, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB, FINASIM, FACP, FACG akan membahasnya dalam tayagan Ayo Hidup Sehat di tvOne Selasa 3 Desember 2019.

Tak hanya itu, AHS juga akan membahas soal manfaat konsumsi herbal terutama kunyit asam, beras kencur, temulawak dan jahe. Soal herbal, pakar dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed., Pharm.D. akan membahasnya pula di tayangan yang sama.

Jika Anda tak sempat saksikannya di layar kaca, AHS bisa ditonton live streaming di laman VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya