Asal Pakai Baju untuk Olahraga Ternyata Bisa Picu Trauma Otot

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tidak seperti melakukan aktivitas lain, olahraga akan membuat kamu mengeluarkan banyak keringat. Maka dari itu, salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat berolahraga adalah pemilihan pakaian yang sesuai. 

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Ditemui saat peluncuran Olla Ramlan Sportswear X LeeVierra Modest, menurut dr. Sonia Wibisono, memakai pakaian khusus olahraga saat kamu berolahraga sangatlah penting. Selain itu, outfit yang dipilih pun harus didukung dengan teknologi yang bagus. 

"Penting banget memilih pakaian yang memang untuk berolahraga dan secara teknologi juga bagus. Misalnya pakaian yang bagus dan menyerap keringat, sehingga tidak berat. Baju-baju olahraga itu harusnya menyerap keringat tapi juga harus ringan, karena kalau berat jadi susah berolahraga," ujarnya di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa 3 Desember 2019. 

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain menyerap keringat, hal lain yang tidak kalah penting saat memilih baju olahraga adalah yang memudahkan kamu untuk bergerak, lentur, dan jahitannya sesuai dengan gerakan manusia. 

"Jangan terlalu ketat karena ada beberapa legging yang memang untuk fashion. Nah itu kan ketat banget, jadi susah bergerak bahkan bisa menyakiti otot," kata dia. 

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Menurut dr. Sonia, jika kamu olahraga tapi tidak menggunakan baju yang khusus untuk olahraga, terutama tidak menyerap keringat, hal itu bisa menimbulkan alergi. Bahkan kulit bisa memerah, timbul ruam, gatal, hingga trauma otot. 

"Kalau keringatnya menumpuk di badan maka akan terjadi alergi. Kulitnya bisa merah, ruam-ruam, dan gatel-gatel, karena kurang baik bahannya. Kalau gerakannya tidak sesuai dengan pakaian ada trauma otot," jelas Sonia. 

Ternyata, size atau ukuran baju olahraga juga harus diperhatikan. Baju olahraga tidak boleh terlalu ketat atau terlalu longgar. 

"Kalau size-nya tidak sesuai pasti akan menekan di satu sisi. Jadi tekanan itu akan menyebabkan penyakit, seperti tegang, kulit bisa baret, ruam dan merah," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya