Rutin Perah ASI Bisa Tingkatkan Produksinya

Ilustrasi ibu menyusui.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Baik menyusui langsung maupun pompa Air Susu Ibu (ASI), adalah cara yang sangat baik untuk memberi asupan makan pada bayi. Diketahui, ASI adalah makanan alami untuk bayi dan dengan memompa dapat bermanfaat meningkatkan produksinya.

Full ASI dan Gak Pakai Babysitter, Kiki Amalia Putuskan Kurangi Pekerjaan Demi Anak

ASI memiliki nutrisi yang tepat untuk kebutuhan bayi dibandingkan susu formula. Cara pemberian ASI juga tidak dibatasi hanya dengan menyusui langsung namun juga melalui ASI Perah (ASIP).

Menyusui melalui ASIP dapat memberi nutrisi yang sama baiknya dengan menyusui langsung. Tingginya kadar lemak baik serta antibodi dari ASIP membuat kebutuhan bayi terpenuhi.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Dikutip dari laman Medical News Today, memerah ASI menjadi salah satu cara meningkatkan produksinya. Bahkan, beberapa ibu juga rutin memerah ASI usai menyusui langsung.

Memerah ASI juga menjadi cara terbaik untuk tetap memberi nutrisi pada bayi saat produksinya tengah menurun. Terlebih, bayi membutuhkan asupan ASI hingga usia 2 tahun. Ini tentu bukan hal yang mudah bagi semua ibu, khususnya ibu bekerja.

Survei: Ibu Terkendala ASI Malah Keblinger Kasih Kental Manis Hingga Air Tajin

"Menyusui sampai dengan 2 tahun tidaklah mudah tanpa dukungan orang-orang di sekitarnya. Dengan event dan kampanye Menyusui #KapanAjaDimanaAja ini, kami mau memberikan dukungan kepada semua Ibu menyusui di Indonesia bahwa tidak perlu ragu lagi menyusui eksklusif, menyusui itu mudah bisa kapan saja dan dimana saja," ujar Creative Director PT. GabaG Indonesia, Gabriella Rayana Lengkong.

Pengetahuan akan pentingnya memberikan ASI eksklusif sampai dengan 2 tahun yang didukung oleh dukungan dari pemerintah sangat berarti bagi perkembangan kesehatan dan kualitas keluarga di Indonesia. Senada dengan itu, baru saja diluncurkan aplikasi digital Manajemen ASI yang dapat diunduh di apps store dan google play store dengan nama "GabaG aplikASI".

Dalam perayaan 1 Dekade GabaG ini, aplikasi tersebut terkoneksi langsung dengan QR code yang ada di setiap kantong ASI kolibri GabaG. Tentunya, ibu menyusui akan lebih mudah mengontrol dan memantau stok dan umur ASI perah kapan dan dimana saja dari gadget serta mengetahui kualitas dan durasi menyusui langsung.

"Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membantu mempermudah kegiatan menyusui, khususnya bagi ibu bekerja," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya