Jika Dikonsumsi Tiap Hari, 5 Buah Ini Bisa Bikin Berat Badan Turun

Buah blueberry.
Sumber :
  • Pixabay/Azzurrodesign

VIVA – Selain lezat, buah-buahan bisa menjadi salah satu pilihan utama sebagai makanan sehat. Karena buah mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh kita.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Tapi tahukah kamu, mengonsumsi buah yang tepat setiap hari juga dapat membantu kamu mempertahankan berat badan ideal? Ya, empat porsi buah yang tepat setiap hari dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

Dilansir dari Times of India, Rabu 4 Desember 2019, berikut lima buah yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Blueberry

Sebuah studi yang dilakukan oleh British Medical Journal yang melibatkan 100 ribu pria dan wanita menemukan bahwa blueberry mengandung antioksidan flavanol, flavan-3-ols, anthocyanin dan polimer flavonoid, yang dapat membantu mencegah kenaikan berat badan.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Satu cangkir blueberry mengandung sekitar 10 miligram anthocyanin. Jadi, jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, masukkan satu cangkir buah beri ke dalam menu harian kamu.

Apel

Apel penuh serat dan kaya akan polimer flavonoid, yang menjadikannya buah yang sempurna untuk menurunkan berat badan. Makan apel dengan kulitnya, kamu akan mendapatkan lebih banyak serat, antioksidan dan mengontrol gula darah. Jika gula darah kamu terkontrol, ini bisa menekan keinginanmu untuk makan dan melindungi kamu dari diabetes.

Pir

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal, pir dapat mencegah penambahan berat badan karena kaya akan polimer flavonoid. Dalam 138 mg polimer flavonoid, menghasilkan penambahan berat badan yang lebih sedikit.

Jadi, buah-buahan yang kaya antioksidan flavonoid bisa menjadi pilihan yang bagus untuk semua orang dan khususnya buat kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Serat pada kulit buah pir akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan mencegah kamu makan berlebihan.

Stroberi

Sama seperti blueberry, stroberi juga kaya akan anthocyanin, yang dapat membantu menjaga berat badan kamu. Banyak orang berpikir, buah-buahan manis dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, buah-buahan seperti pir, apel, dan beri tidak hanya tidak terlalu manis tapi juga memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, yang menjadikannya buah terbaik untuk mengelola berat badan.

Paprika

Ya, paprika termasuk ke dalam buah-buahan. Jika dikonsumsi setiap hari, paprika dapat membantu menjaga berat badan kamu tetap terkendali. Capsaicin yang terkandung dalam paprika dapat mendorong sel putih untuk mengubah lemak cokelat yang membakar energi, menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya