Hepatitis A Bisa Sembuh Total Hanya dengan Istirahat

Ilustrasi Hepatitis.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A di Depok sejak bulan November lalu menimbulkan keresahan bagi banyak orang. Tak sedikit yang khawatir terjangkit virus tersebut dan membahayakan kesehatannya.

Kenali Gejala Hepatitis yang Kerap Tak Disadari Sebelum Mengganas

Namun, Ketua PB Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Dr. dr. Irsan Hasan, Sp.PD, KGEH, menuturkan bahwa penyakit hepatitis A sebenarnya bisa sembuh total hanya dengan istirahat. Sehingga, sangat kecil risiko kematian akibat hepatitis A.

"Hepatitis A itu 99 persen sembuh sendiri, obatnya hanya istirahat. Biasanya yang berbahaya itu, dia tetap beraktivitas," ujar Irsan dalam temu media di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, beberapa waktu lalu.

KLB Hepatitis A di AS Diduga karena Stroberi Organik

Irsan menambahkan, risiko kematian akibat hepatitis A sebesar 1 persen. Penyakit hepatitis A juga tidak akan berlangsung dalam jangka panjang seperti jenis hepatitis B, sehingga tidak akan menjadi penyakit kronis.

"Dia tidak kronis. Pilihannya hanya sembuh atau meninggal," tegasnya.

Waspada Si Kecil Berisiko Terpapar 2 Penyakit Serius Ini

Untuk mencegah kematian, Irsan mengatakan, peran istirahat sangat besar dalam proses kesembuhan. Dianjurkan juga konsumsi makanan yang bergizi serta tidak pantang dalam makanan tertentu. Dengan begitu, hepatitis A diharapkan dapat sembuh dalam jangka 2 minggu.

"Dianjurkan makanan bergizi, boleh semua dimakan, kalau orang terlalu pantang makanan berlemak malah sembuhnya lebih lama. Rata-rata sembuh dalam waktu 2 minggu, kalau 3 bulan paling lama tapi sekali lagi tergantung usia," jelasnya.

Ilustrasi Hepatitis.

Rapper BIG NAUGTHY Dilarikan ke RS Terpapar Hepatitis A, Seberapa Bahayakah Hepatitis A?

Pada Senin siang, salah satu dewan kampus tempat BIG NAUGTHY dijadwalkan manggung mengumumkan bahwa rapper tersebut tidak bisa tampil, lantaran terkonfirmasi hepatitis A.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023