Memilih Bahan Makanan untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Menu sehat untuk penderita diabetes
Sumber :
  • VIVA/ Diza Liane Syahputri

VIVA – Gaya hidup modern seperti saat ini membuat banyak orang mudah terserang penyakit. Bahkan, mereka terkadang tidak menyadari bahwa sudah terkena penyakit tersebut.

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Salah satunya adalah diabetes atau tingginya kadar gula. Tanpa disadari, gula tersembunyi dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Hal itu bisa memicu meningkatnya kadar gula darah, sehingga gampang memicu diabetes.

Penderita diabetes pun cukup sulit mencari jenis makanan yang sesuai dengan diet yang dianjurkan. Padahal, kuncinya cukup hindari makanan yang mampu memicu meningkatnya kadar gula darah.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Lemak ikan adalah salah satu makanan paling sehat di dunia. Salmon, sarden, makarel, bahkan ikan kembung merupakan sumber baik lemak omega 3, DHA dan EPA yang bagus untuk jantung.

Jenis bahan makanan ini juga cocok untuk penderita diabetes, karena tidak mengandung glukosa tinggi, sehingga aman dikonsumsi tanpa perlu khawatir soal kuantitas.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Kayumanis juga ideal dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. Bahan ini terkenal dengan potensi antioksidan dan kegunaannya untuk meredakan stres.

Beberapa studi menyebut, bahwa kayumanis secara jangka panjang mampu mengontrol kadar gula darah. Penelitian itu juga menyebut kalau kayumanis menurunkan kolesterol.

Kacang polong dapat membuat diet diabetes menjadi lebih sehat. Kacang polong bisa mengendalikan kadar gula darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada pasien diabetes tipe 2.

Menurut Managing Director Cargill Starches, Sweeteners & Texturizers Asia, Franck Monmont, saat ini minat akan gaya hidup vegetarian semakin meningkat di Asia. Hal itu membuat kebutuhan akan kacang polong meningkat.

Franck menjelaskan, rata-rata pertumbuhan tahunan pasar protein nabati di Asia mencapai 27 persen selama lima tahun terakhir.

“Semakin banyak konsumen yang mencari manfaat dari diet tinggi protein. Protein kacang polong Radipure membuat kami berada di garis depan, sekaligus meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan produk unggulan di segmen pasar Asia yang semakin penting," ujarnya di Jakarta, Rabu 11 Desember 2019.

Radipure adalah protein kacang polong yang dikembangkan dan diproduksi di Asia. Bahan ini tidak menimbulkan alergi, bukan produk Genetic Modified Organism (GMO), dan dapat dicampurkan dalam produk susu, minuman siap saji, roti, serta daging.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya