Menkes Terawan Rancang Ketahanan Kesehatan Jangka Panjang

Menkes Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

VIVA – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menemui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Jumat 20 Desember 2019.

Muncul di Debat Terakhir Capres, Nusron-TKN: Pak Terawan Dukung Prabowo-Gibran

Pertemuan itu diketahui membahas masalah ketahanan kesehatan nasional. Menurut Terawan, perihal ketahanan kesehatan itu meliputi pelayanan kesehatan, menekan angka kematian anak dan ibu.

"Kalau ketahan kita turun, runtuh, kan juga akan memengaruhi kesehatan global. Karena itu kita diminta apa yang jadi masukannya, supaya pelayanan kesehatan menjadi semakin baik," kata Terawan usai pertemuan di kantor Kemenpolhukam, Jakarta.

Terawan hingga Eks KSAD Dudung Hadir jadi Pendukung Prabowo di Debat Pamungkas

Terawan mengatakan, pemerintah ingin memastikan sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia sehat. Menuju ke sana, kata dokter dengan latarbelakang militer itu, perlu adanya rencana jangka panjang seperti menggalakkan program-program stunting kepada masyarakat.

"(Sekarang) sudah on the track. Kita lihat angka stunting juga mulai turun. Angka kematian ibu, kematian bayi juga mulai turun. Cuma kita ingin lebih," kata dia.

5 Pejabat Penerima Gelar Profesor Kehormatan, Ada Megawati, SBY hingga Terawan

Kata Terawan, masalah ketahanan kesehatan ini juga menjalankan perintah Presiden Jokowi. Salah satu yang dibahas bersama Mahfud disebut mengenai pelayanan kesehatan dan membenahi BPJS.

"Karena itu termasuk ketahanan jangka panjang juga," kata dia.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya