KLB di Depok, Ini Usia Ideal Vaksin Hepatitis A pada Anak

Ilustrasi penelitian virus Hepatitis
Sumber :
  • www.pixabay.com/Prylaler

VIVA – Pemerintah Kota Depok menetapkan peristiwa luar biasa (KLB) menyusul temuan lebih dari 200 warganya (kebanyakan siswa sekolah menengah pertama) yang terinfeksi virus Hepatitis A pada bulan November-Desember 2019. Salah satu upaya pencegahan yang efektif untuk melindungi kesehatan diri dan masyarakat dari penyebaran virus Hepatitis A adalah melalui vaksinasi.

Rapper BIG NAUGTHY Dilarikan ke RS Terpapar Hepatitis A, Seberapa Bahayakah Hepatitis A?

Penyakit ini disebabkan oleh virus Hepatitis A dan merupakan penyakit endemis di beberapa negara berkembang. Hepatitis A banyak ditemukan dalam kehidupan masyarakat kita, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Penyakit ini sangat erat kaitannya dengan kualitas yang mendalam dari higienitas pribadi dan sanitasi lingkungan. Tak heran, penularannya dapat terjadi karena pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak, makanan yang tercemar, sanitasi yang buruk, dan rendah.

Kenali Gejala Hepatitis yang Kerap Tak Disadari Sebelum Mengganas

Sehingga, pencegahannya melalui kebersihan lingkungan, terutama terhadap makanan dan minuman, melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta dengan vaksinasi. Vaksinasi sendiri penting dilakukan untuk memberikan perlindungan diri dan mencegah penyebaran.

"Selain mencegah masuknya virus Hepatitis A ke tubuh dengan memutus jalur penularan 'fekal oral' dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit infeksi yang bisa kapan saja menyerang tubuh, vaksinasi penting dilakukan untuk memberikan perlindungan diri dan mencegah penyebaran. Vaksinasi Hepatitis A akan memberikan kekebalan spesifik terhadap virus Hepatitis A," ujar Direktur Pelayanan Sekunder dan Unggulan, Rumah Sakit Universitas Indonesia, Dr. dr. Sukamto, Sp.PD, K-AI, dalam siaran pers, dikutip Jumat 20 November 2019.

KLB Hepatitis A di AS Diduga karena Stroberi Organik

Dr. Nina Dwi Putri, Sp.A-K, MSc, Spesialis Dokter Anak, Rumah Sakit Universitas Indonesia mengatakan, anak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi seperti Hepatitis A. Vaksinasi memicu kekebalan spesifik di dalam tubuh seorang anak.

Dengan begitu, tubuh anak mampu melawan penyakit-penyakit yang berbahaya, mencegah sakit berat, kecacatan dan kematian serta mencegah penularan ke teman-teman disekitarnya.

"Jadi, vaksinasi selain bermanfaat untuk anak-anak, juga bermanfaat untuk mencegah penyebaran penyakit ke orang tua, adik, kakak dan anak-anak lain disekitarnya. Vaksin Hepatitis A sudah dapat diberikan pada anak sejak usia 2 tahun," ungkap Nina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya