Pola Makan Ini Bisa Cegah Terserang Penyakit di Musim Hujan

Ilustrasi flu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Banyak warga yang mengeluh, stamina tubuh menurun saat musim hujan tiba. Perubahan cuaca tersebut memang rentan membuat daya tahan tubuh melemah, dan memicu beberapa penyakit mengintai.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Tubuh harus berusaha keras beradaptasi dengan perubahan cuaca. Saat asupan kurang baik dan pola hidup tidak terjaga, membuat kekuatan sistem imun tubuh melemah.

Tak heran, beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus rentan mengintai. Salah satunya, Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) seperti batuk, pilek dan radang. Selain itu, penyakit virus lainnya adalah diare.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

"Penyakit ISPA tertinggi, diare kedua tertinggi. Lalu, terakhir penyakit kulit gatal-gatal, seperti varisela. Itu penyakit virus terbanyak di musim hujan," ujar Kepala Klinik Permata Bunda Bekasi Timur, dr Sumiati Yusup, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Meski begitu, penyakit tuberkulosis juga perlu diwaspadai. Menurut Sumi, dalam tiga bulan terakhir, data pasien pengidap tuberkulosis meningkat cukup tinggi.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

"Sifat kumannya dormant (tidur) pada musim panas, lalu batuk-batuk, di musim hujan kumannya jadi kambuh lagi," tuturnya.

Untuk itu, Sumi menyarankan agar perbaikan pola hidup dimulai sejak sebelum musim hujan tiba. Ia menyarankan, cara terbaik mencegah penyakit adalah dengan pemilihan makanan.

"Sarapan dengan konsumsi yang sehat, seperti tidak sarapan dengan sumber karbohidrat. Ganti dengan buah dan jus. Karbohidratnya di saat makan siang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya