Rahasia Berat Badan Gak Naik saat Liburan

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Berlibur di akhir tahun biasanya sudah direncanakan oleh banyak orang sejak lama. Banyak yang sudah merencanakan tujuan serta aktivitas saat berlibur. Tetapi, tak sedikit yang melupakan cara untuk tetap bugar selama liburan.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Sehat saat liburan dapat diatasi dengan pola hidup sehat. Selama liburan, orang-orang berisiko mengalami bahaya kesehatan, seperti kecelakaan serta cedera. Bisa juga memicu terjadinya penyakit seperti berat badan yang bertambah akibat pola makan yang berubah.

Kebutuhan kalori bisa disesuaikan dengan aktivitas. Batasi juga makanan dengan mengenal rasa kenyang karena setelah 20 menit masuk makanan, akan terasa kenyang.

Pulang Liburan dari Bali? Oleh-oleh Murah Meriah Ini Wajib Dibawa Pulang

"Kadang kalau liburan suka over eating. Makanya bagus ajak teman sharing makanan biar tetap bisa cicipi tanpa berlebihan," ujar spesialis penyakit dalam, dr. Suzy Marya SpPD, dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 25 Desember 2019.

Selain pola makan, asupan air mineral juga tetap harus dipenuhi untuk cegah dehidrasi. Hindari juga minuman yang tinggi gula untuk mencegah kadar kalori yang meningkat.

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

Menjaga pola tidur juga diperlukan agar bisa membuat tubuh tetap fokus dan konsentrasi selama beraktivitas. Suzy menyarankan minimal tidur selama 7 jam dan sebaiknya tidak kurang dari 5 jam untuk mencegah kecelakaan terjadi.

"Pakaian juga harus disesuaikan. Saat berada di tempat panas, pakai baju berbahan katun dan warna cerah, serta hindari baju tebal agar mencegah dehidrasi," tambahnya.

Berat badan

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Untuk menurunkan berat badan, kadar kolesterol dan gula darah, tidak ada makanan yang menjadi penawarnya dan wajib tetap menjaga gaya hidup dengan sejumlah tips sehat.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024