Tips Agar Diabetes Tak Kambuh saat Pesta Tahun Baru

ilustrasi makan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menjelang akhir tahun, akan selalu dihadirkan ragam acara dan pesta yang meriah dengan suguhan makanan lezat dan berlimpah. Meski menyenangkan, tentu hal ini bisa menjadi momok menakutkan bagi para pengidap diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Makanan manis, tinggi lemak, minim serat serta minuman beralkohol identik dengan perayaan tahun baru. Makanan tersebut tentu menjadi pantangan bagi pengidap diabetes. Tetapi, ternyata tak semua perlu dihindari, lho. Berikut tips dan trik tetap sehat bagi pengidap diabetes di pesta Tahun Baru, dikutip dari laman The Health Site, Rabu 26 Desember 2019.

Hindari kelaparan

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Jangan sampai melewatkan sarapan karena hal ini bisa membuat tubuh merasa kelaparan dan malah kalap saat berada di dalam acara Tahun Baru. Kelaparan bisa menurunkan produksi insulin yang menyebabkan konsumsi berlebihan saat melihat makanan. Makan berlebihan tentu bisa membuat kadar gula darah meningkat.

Lihat lalu ambil

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Lihat terlebih dahulu jenis makanan di area buffet. Tentukan mana yang minim kalori dan gula sehingga kalap atau berlebihan saat mengambilnýa.

Pilih piring kecil

Semakin kecil piring yang dipilih, semakin sedikit porsi makan Anda. Hal ini tak hanya mengontrol asupan kalori tapi juga bagus untuk menekan kadar gula darah.

Porsi yang tepat

Isi terlebih dahulu porsi piring dengan sayuran seperti brokoli dan kacang hijau hin?ga setengahnya. Lalu seperempat piring isi dengan ubi atau kentang tumbuk. Sisanya, beri jatah untuk daging seperti ayam dengan tanpa kulìt.

Hindari alkohol

Alkohol biasanya disuguhkan saat acara tahun baru. Tetapi, kandungan gula di dalamnya sangat tinggi sehìngga berbahaya bagi pengidap diabetes. Jika tetap ingin merasakan sensasi alkohol, pilih sparkling water jika tersedia.

Boleh konsumsi kue, asal...

Kue pie hingga sepotong kue cokelat manis dan lezat tentu menjadi pemanis dalam suguhan acara Tahun Baru namun musuh dari pengidap diabetes. Tetapi, kalian masih tetap bisa cicipi kue lezat ini asal dengan tanpa gula. Jika tak ada pilihan tersebut, bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep kue tanpa gula, ya. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya