8 Makanan Sehat yang Wajib Ada di Kulkas

Ilustrasi lemari es atau kulkas
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Apa yang ada di dalam kulkas ternyata mencerminkan kesehatan Kamu, lho. Mengisi lemari es dengan junk food hanya akan merugikan Kamu. Daripada menumpuk keripik tortilla atau snack tidak sehat lainnya, lebih baik simpan beberapa sayuran segar ke dalamnya.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Apakah hanya sayuran segar? Tentu tidak. Masih ada tujuh makanan dan minuman lain yang wajib ada di dalam kulkas untuk mendukung kesehatanmu. Apa saja ya?

Dilansir dari Boldsky, Minggu, 29 Desember 2019, berikut delapan makanan sehat yang wajib ada di dalam kulkas. Kalau belanja, jangan lupa menambahkan makanan-makanan sehat ini ke dalam daftar belanjaan Kamu, ya.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Sayuran mentah

Simpan beberapa mentimun, seledri, zucchini dan wortel dalam kulkasmu. Sayuran mentah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Sayuran-sayuran tersebut merupakan sumber penting dari banyak nutrisi, termasuk potasium, serat, asam folat, vitamin A, dan vitamin C.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Selain itu, sebagian besar sayuran diketahui rendah lemak dan kalori serta bebas kolesterol. Jadi, Kamu enggak akan merasa bersalah menyimpannya.

Salad buah

Semangkuk penuh irisan apel, anggur dan beberapa buah beri akan bermanfaat buat kesehatan Kamu. Diet kaya buah-buahan dengan jumlah yang terkontrol, dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, mencegah beberapa jenis kanker, menurunkan risiko penyakit mata dan masalah pencernaan, memiliki efek positif pada gula darah dan dapat mengontrol nafsu makan.

Salad hijau

Salad yang terbuat dari bayam atau selada, beberapa tomat ceri, dan kacang-kacangan, bukan hanya memberi energi, tapi juga dikemas dengan nutrisi yang penting buat tubuh Kamu. Salad hijau mengandung vitamin A dan C, beta karoten, kalsium, folat, serat dan fitonutrien.

Produk susu rendah lemak

Makanan olahan dari susu rendah lemak, seperti skim, susu bebas lemak, yoghurt dan keju cottage, merupakan sumber protein yang sangat baik. Selain itu, mereka juga mengandung vitamin B riboflavin, niacin, vitamin B6 dan B12.

Mengonsumsi makanan rendah lemak diketahui dapat mencegah mulas, menurunkan berat badan dan meningkatkan kolesterol baik. Untuk itu, cobalah untuk mengonsumsi yogurt untuk camilan Kamu berikutnya.

Mentega almond

Ganti buttermilk dengan mentega almond untuk meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan. Mentega almond diketahui mengandung lemak tak jenuh tunggal dan sedikit lemak tak jenuh ganda, termasuk nabati dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Teh hijau

Memilih minum secangkir teh hijau dibanding minuman bersoda akan sangat bermanfaat buat Kamu. Karena teh hijau mengandung antioksidan, memiliki sifat anti inflamasi dan membantu menurunkan berat badan.

Telur organik

Satu butir telur mengandung 7 gram protein berkualitas tinggi, yang cukup memberi Kamu asupan asam amino yang diperlukan tubuh. Telur organik juga kaya akan lemak sehat, beragam vitamin dan mineral, termasuk zat besi, kolin, vitamin B12 dan vitamin D yang langka.

Susu nabati

Pilihlah susu nabati yang Kamu sukai, entah itu almond, kedelai atau yang lainnya. Susu nabati sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya