Hati-hati, Begadang di Tahun Baru Bisa Picu Jerawat

Ilustrasi jerawat.
Sumber :
  • Pixabay/Kjerstin_Michaela

VIVA – Jelang Tahun Baru, tak sedikit yang sudah mengatur rencana untuk menyambutnya dengan beragam acara dan kegiatan. Biasanya, aktivitas yang bakal dilakukan itu berlangsung hingga dini hari demi menyambut pergantian tahun.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Bahkan begadang atau terjaga hingga pagi menjadi hal yang biasa dilakukan demi menyambut Tahun Baru. Tapi, tanpa disadari, begadang bisa memicu bahaya pada kesehatan.

Salah satunya dampaknya berisiko membuat gula darah naik. Di mana kadar gula darah yang tinggi berisiko terhadap penyakit kronis seperti diabetes melitus.

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

"Saat begadang seharian, keesokan harinya tubuh memproduksi hormon kortisol yang makin meningkat dan memicu gula darah naik," ungkap spesialis penyakit dalam, dr. Wismandaru Wisnu spPD, dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne.

Adanya peningkatan hormon kortisol, papar Wisma, juga berdampak pada perubahan kulit yang memicu produksi minyak berlebih. Hal ini membuat kulit rentan berjerawat baik pada pria maupun wanita.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Apalagi jika ditambah dengan kudapan yang tidak sehat saat menunggu pergantian tahun itu, membuat jerawat makin menyukai kondisi kulit wajah. Sehingga, disarankan agar asupan makanan yang dikonsumsi dipilih dari sumber yang minim lemak, gula, dan garam.

"Sayangnya saat Tahun Baru cenderung mau ngemil yang manis dan berminyak sehingga mudah berjerawat," katanya lagi.

Ilustrasi wanita/marah/stres.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Stres merupakan bagian tak terelakkan dalam hidup. Namun, tahukah Anda bahwa stres dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit? Berikut beberapa efeknya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024