Wajib Tahu, Tips Terhindar Penyakit Pasca Banjir

Banjir Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Banjir yang melanda wilayah Jabodetabek beberapa hari lalu berisiko menimbulkan sejumlah penyakit. Beberapa di antaranya adalah diare, demam berdarah, hingga Hepatitis A.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Menurut Praktisi dan Akademisi Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB, FINASIM penyakit tersebut akan meningkat setelah banjir dan musim penghujan. Secara umum, peningkatan kasus penyakit ini didasarkan pada penyebaran 3 kelompok panyakit tersebut yaitu penyebaran melalui makanan dan minuman, penyebaran melalui nyamuk dan penyebaran melalui tikus.

"Anak-anak merupakan kelompok rentan yang mudah terkena penyakit pascabanjir. Coba saja diidentifikasi pada lingkungan kita, terutama yang masih mempunyai anak-anak, berapa kali mereka mengalami gangguan kesehatan dalam musim penghujan dan banjir saat ini," kata Ari dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA.

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Untuk itu, ia memberi saran untuk mengantisipasi penyakit pascabanjir ini. Hal pertama yang harus diperhatikan menurut Ari ialah memastikan konsumsi makanan dan minuman yang higienis. Perhatikan waktu kedaluwarsa dari makanan yang dikonsumsi baik makanan jadi maupun makanan yang dibuat sendiri,

"Diusahakan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan fresh. Cuci tangan pakai sabun atau hand antiseptic, untuk menghindari infeksi usus. Anak-anak harus diajari untuk selalu cuci tangan pakai sabun, tentu orang dewasa harus memberi contoh kapan dan bagaimana mencuci tangan dengan baik," kata Ari

Selain itu, kebersihan lingkungan harus selalu terjaga dan segera bersihkan lokasi pascabanjir dengan menggunakan antiseptik dan tetap memperhatikan pelindung diri bagi orang yang bertugas membersihkan kotoran, khususnya lumpur pascabanjir tersebut. Pelindung diri meliputi masker, sarung tangan dan memakai sepatu boot. Hindari luka yang dapat berpotensi masuknya kuman.

"Untuk anak-anak dan orang tua berikan suplemen yang berisi multivitamin dan mineral apabila terjadi keterbatasan makanan dan minuman dengan zat gizi yang lengkap yang bisa dikonsumsi sehari-hari akibat rumah dan lingkungan terkena banjir," ujar Ari. 

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Lebih jauh, perlu juga untuk menyetok obat-obat sederhana, obat penurun panas, obat antidiare, obat sakit kepala dan oralit. Di samping itu, anak-anak harus dicegah untuk tidak bermain-main di air banjir, baik karena potensi gangguan kesehatan maupun risiko terbawa arus atau tenggelam pada air banjir.

"Tujuan dari tindakan ini semua tentunya untuk mencegah agar kita semua terhindar dari penyakit pascabanjir yang sewaktu-waktu bisa mengenai siapa saja terutama anak-anak kita," kata dia.

Suntik vaksin

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin merupakan salah satu penemuan yang paling ampuh dalam mencegah sebuah penyakit yang selama ini ditakuti. Dan imunisasi global juga telah menyelamatkan154 juta jiwa

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024