5 Penyebab Kanker Kambuh, Seperti yang Dialami Mendiang Ria Irawan

Ria Irawan.
Sumber :
  • Instagram @riairawan

VIVA – Ria Irawan meninggal dunia Senin pagi, 6 Januari 2020 usai berjuang dari penyakit kanker kelenjar getah bening. Tak hanya itu, artis senior ini juga sempat mengaku memiliki tumor yang membuatnya sulit berbicara.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Padahal, pemain film Arisan itu sempat dinyatakan bersih dari kanker di awal tahun ini. Namun, pada November 2019, istri Mayky Wongkar tersebut kembali dilarikan ke rumah sakit akibat kankernya yang kembali kambuh di beberapa bagian di tubuhnya.

Hal ini sempat diungkap oleh sang kakak, Dewi Irawan dalam akun instagramnya.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

"Teruntuk adikku Ria @riairawan yang aku kasihi dan sayangi dengan segenap hatiku. Sekarang ini sel kanker kamu relapse/metastasis untuk ke tiga kali. Mulai dari endometrium dan pelvis kanan (kemo tiga kali dan radiasi 25 kali plus kemo tiga kali). Terus bersih selama 19 bulan. Lalu kambuh lagi di diafragma (di kemo lagi enak kali)," tulis Dewi.

Dan kamu lalai, tidak pernah kontrol, check up, kebiasaan buruk rokok dan vape tidak berhenti sama sekali. Kali ketiga kambuh lagi. Sekarang ada di otak tiga titik dan satu titik yang significan di paru-paru. Tunggu apa lagi untuk berhenti rokok dan vape? Itu racun! Plis, jagan bandel deh,” tambahnya.

Pakar Sebut Pasien Kanker yang Meninggal Bukan Karena Kanker Melainkan Serangan Jantung dan Stroke

Dilansir dari dari laman Live Strong, Senin, 6 Januari 2020, satu dari tiga persen pejuang kanker kembali merasakan sel kankernya kambuh. Risiko untuk kembali mengidap kanker juga berbeda tiap orangny, yang dipengaruhi oleh paparan lingkungan dan riwayat keluarga. Selain itu, berikut beberapa faktor risiko kanker kambuh.

Tipe kanker

Tipe dari kanker yang diidap oleh tiap orang menentukan besarnya peluang kekambuhannya. Sebab, beberapa kanker membutuhkan penanganan seperti radiasi atau perawatan lainnya dengan dosis tinggi.

Usia saat perawatan

Anak-anak dan dewasa muda yang mendapatkan perawatan kanker di usia tersebut, memiliki risiko besar terhadap peluang kanker kambuh. Namun, usia bukan hal yang pasti dalam menyebabkan kanker datang kembali. Terlebih, gaya hidup yang sehat dibutuhkan dalam meminimalisir risiko kekambuhan tersebut.

Tipe kemoterapi

Dosis tinggi kemoterapi yang didapatkan berkaitan dengan beberapa kekambuhan kanker. Tipe kemoterapi ini mencakup procarbazine, mechloreghamine, chlorambucil, BCNU dan sebagainya.

Tipe radiasi

Sama seperti jenis kemoterapi yang didapatkan, radiasi dengan dosis tinggi berpeluang besar terhadap risiko kekambuhan kanker. Pada pengidap kanker anak, terapi radiasi menjadi faktor risiko besar yang menyebabkan kekambuhan

Gaya hidup

Merokok, konsumsi alkohol, kurang berolahraga, dan pola makan buruk membuat risiko kekambuhan meningkat. Sehingga menjalani gaya hidup sehat sangat dianjurkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya