Trik Mudah Ini Tingkatkan Memori Kamu Hingga 23 Persen

Ilustrasi lupa
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Otak kita memang akan menua seiring bertambahnya usia. Kehilangan memori yang berkaitan dengan usia mungkin tidak dapat dihindari, tetapi ini bukan berarti kamu tidak bisa berbuat apa-apa untuk meningkatkan memori kamu.

12 Gejala ADHD yang Sering Tak Disadari pada Orang Dewasa

Ada satu trik mudah yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan memori kamu hingga 23 persen. Jadi, jika kamu sedang lupa dan berusaha keras untuk mengingatnya namun gagal, kamu bisa menerapkan trik berikut ini, seperti dilansir dari Times of India.

Peneliti Inggris mengumpulkan sekelompok orang untuk menonton film pendek. Kemudian, mereka diminta untuk mengingat detail film tersebut dengan menjawab serangkaian pertanyaan. Setengah dari orang-orang itu diminta untuk menutup mata saat menjawab pertanyaan.

Dimanakah Memori Manusia Disimpan?

Baca Juga: Mencicip Lezat Gurihnya Nila Bakar Pedas Restoran Buyung

Hasilnya, orang-orang yang menutup mata, menjawab 23 persen lebih benar dibanding orang-orang yang membuka matanya saat menjawab pertanyaan. Temuan penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Legal and Criminology Psychology.

Studi: Lewatkan Sarapan Meningkatan Risiko Demensia Empat Kali Lipat

Studi ini menyimpulkan bahwa menghilangkan gangguan di sekitar dapat membantu kamu lebih fokus untuk mengingat berbagai hal. Dengan menutup mata, beban kognitif otak kamu diturunkan, gangguan terhambat, yang akhirnya membantu kamu untuk lebih fokus.

Menutup mata juga dapat membantu kamu membentuk gambaran mental tentang hal yang ingin kamu ingat. Selain itu, menutup mata juga membantu kamu mengingat gambar, saat kamu meninggalkan benda-benda yang kamu lupa, karena hal-hal di depan kamu tidak menganggu kamu.

Tetapi, trik ini tidak akan efektif jika kamu dalam keadaan stres. Karena rasa cemas dan stres dapat mengganggu konsentrasi kamu dan membuatnya sulit untuk mengingat sesuatu, bahkan jika kamu menutup mata sekalipun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya