Perabot Rumah yang Terendam Banjir Aman Digunakan, Ini Syaratnya

Air banjir masuk ke dalam rumah.
Sumber :
  • dok. istimewa

VIVA – Banjir yang melanda Jakarta, Tangerang dan Bekasi, masih menyisakan sejumlah pekerjaan. Meski banjir sudah surut, PR yang belum usai bagi yang rumahnya terendam banjir adalah membersihkan rumah dan perabot dari kotoran dan lumpur. 

4 Kelakuan Kocak Masyarakat Dubai Saat Banjir Ada yang Main Jetski sampai Berjemur

Namun, banyak yang bertanya-tanya, apakah barang-barang atau perabot rumah yang sudah terlanjur terendam banjir, masih aman untuk digunakan lagi? Mengingat perabotan tersebut sudah terendam banjir dalam waktu yang lama, apalagi air tersebut sangat keruh dan kotor.

Melalui tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, dr Dewi Friska Mkes, menjawab keragu-raguan ini. Menurutnya, beberapa perabot rumah yang terendam banjir masih bisa digunakan lagi, asal dicuci sampai benar-benar bersih. 

Terjebak Banjir di Dubai, Atta Halilintar Tetap Kirim Doa untuk Sulawesi Utara

"Perabot rumah yang sudah lama terendam banjir, akan mengembangkan bakteri. Maka dari itu, perabot harus dicuci sampai bersih. Cuci dengan pembersih yang mengandung desinfektan," ujarnya, Rabu 8 Januari 2020. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, jangan lupa perabot tersebut dikeluarkan dari dalam rumah untuk dijemur dan upayakan mendapat sinar matahari. Pastikan perabot tersebut sudah kering ketika akan dimasukkan ke dalam rumah lagi.

Presiden Uni Emirat Arab Tinjau Infrastruktur Setelah Banjir di Dubai

"Kalau barang masih saja lembap atau berbau setelah dijemur, ada baiknya tidak digunakan lagi, karena bakteri dalam 48 jam akan lebih berkembang," kata dia. 

Beberapa risiko yang ditimbulkan jika tetap menggunakan perabot rumah yang lembap dan berbau pasca terendam banjir, antara lain dapat menimbulkan gatal-gatal di kulit, alergi, hingga infeksi saluran pernapasan. 

"Dan tips yang tak kalah penting adalah, setelah banjir jendela rumah juga harus dibuka dulu, supaya ada sirkulasi udara," tutur dr Friska. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya