Jambu Biji Diklaim Ampuh Turunkan Tekanan Darah Hipertensi

Jambu biji
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa dikendalikan hanya dengan perubahan gaya hidup yang sederhana. Salah satunya, adalah dengan konsumsi makanan sehat.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Ada satu jenis buah yang diklaim terbukti bisa menurunkan tekanan darah. Buah itu adalah jambu biji.

Dikutip dari laman Express, dipublikasikan di National Centre for Biotechnology Information (NCBI), satu studi berdurasi 12 minggu menemukan bahwa 120 partisipannya mengalami penurunan dalam hasil pemeriksaan tekanan darah hingga 8-9 poin setelah memakan jambu biji matang sebelum makan besar.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Tidak hanya itu, eskperimen yang sama juga menghasilkan 99 persen penurunan dalam kadar kolesterol.

Studi profesional lainnya juga mendukung penemuan di atas setelah studi itu menunjukkan bahwa esktrak daun jambu biji dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih rendah. Efek yang sama juga telah dilaporkan dalam beberapa studi lainnya yang mendokumentasikan konsumsi dari buah tersebut.

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Kandungan ajaib dalam jambu biji juga telah menunjukkan berbagai manfaat kesehatan juga. Sebuah studi pada 19 orang yang meminum teh daun jambu biji memiliki tekanan darah yang lebih rendah setelah makan, dengan efeknya yang bertahan hingga dua jam.

Jambu biji juga kaya akan vitamin C, kandungannya bahkan dua kali lebih banyak dari vitamin C dalam sebuah jeruk. Selain itu, hanya dengan 37 kalori dalam jambu biji, dan memiliki 12 persen kebutuhan asupan serta harian yang direkomendasikan, buah ini sangat bergizi dan bisa menjadi makanan ringan yang mengenyangkan yang bisa menjadi bagian dari perencanaan penurunan berat badan.

Tak kalah penting, ekstrak daun jambu biji juga telah menunjukkan bisa menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Para peneliti menyimpulkan hal ini dikarekan tingginya kadar antioksidan kuat yang ditemukan di buah itu. Antioksidan telah menunjukkan bisa mencegah radikal bebas yang merusak sel-sel, yang menjadi salah satu penyebab utama kanker.

Sebagai bonus tambahan, kandungan vitamin dan antioksidan beragam yang ada dalam jambu biji juga bisa melindungi kulit, karenanya bisa memperlambat proses penuaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya