4 Jenis Pemanis Alami yang Aman untuk Diabetes

Ilustrasi Madu
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penyakit diabetes saat ini sudah kian bertambah dan menyerang usia muda. Kondisi kencing mànis itu terjadi saat insulin di tubuh tidak lagi berfungsi dengan normal.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Sebagian penyintasnya tak mampu menggunakan insulin sebagaimana mestinya, namun sebagian lainnya kekurangan atau tak memiliki kadar insulin sama sekali. Padahal, fungsi insulin ini untuk membantu gula menuju ke peredaran darah dan seluruh sel tubuh.

Pada penyintas diabetes, masalah insulin ini dapat menyebabkan kadar gula berlebih di peredaran darah di tubuh. Sehingga, penyintas diabetes perlu memperhatikan sumber asupan gula seperti jenis dan jumlah karbohidrat yang tepat atau membatasi jumlah pemanis.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Sebab, mengonsumsi makanan sebagai sumber gula dapat berakibat pada obesitas. Sementara, obesitas sendiri berkaitan erat dengan diabetes tipe 2. Selain itu, mengonsumsi gula berlebih menimbulkan gejala yang buruk pada penyintas diabetes seperti kadar gula darah yang meningkat.

Tetapi, rasa manis memang sulit dihindari. Sehingga banyak orang yang tanpa sadar mengonsumsi gula secara berlebih. Nah, untuk tetap bisa sehat dengan membatasi kadar gula yang dikonsumsi, berikut pilihan pemanis yang sehat untuk penyintas diabetes di?utip dari laman The Health Site.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Sirup agave

Pemanis ini didapatkan dari beberapa spesies tumbuhan agave. Rasa yang lebih manis dari gula dan madu membuat sirup ini menjadi pilihan sehat dan tepat. Sirup ini berkhasiat untuk turunkan berat badan serta meningkatkan daya tahan tubuh dan cegah risiko kanker.

Molase

Sirup molase memiliki warna cokelat dengan tekstur kental. Kandungannya kaya akan zat besi, kalsium, dan magnesium. Molase sangat baik meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan detoksifikasi darah.

Gula kurma

Pemanis alami ini berasal dari ekstrak kurma yang telah dikeringkan sebelumnya. Khasiatnya baik untuk jaga kestabilan tekanan darah dan daya tahan tubuh. Manfaat lainnya yaitu untuk atasi migrain dan nyeri otot.

Madu

Pemanis alami ini sudah dikenal banyak orang dengan beragam varian. Madu berkhasiat untuk turunkam berat badan serta meredakan luka di tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya