Logo DW

8 Fakta Unik Soal Kentut, Salah Satunya Bisa Sulut Api

Colourbox
Colourbox
Sumber :
  • dw

Kentut atau yang dalam bahasa medis dikenal sebagai 'flatuensi' adalah keluarnya gas melalui anus akibat akumulasi gas dari dalam perut, yang terutama datang dari usus besar. Berikut adalah fakta-fakta seputar 'buang gas' yang telah dirangkum oleh DW.

10-20 kentut setiap hari

Kentut adalah hasil kerja bakteri yang hidup di dalam usus, kata Purna Kashyap dari Mayo Clinic yang meneliti mikrobiom. Kita mengonsumsi banyak karbohidrat, tetapi tubuh tidak punya enzim yang diperlukan untuk mengolahnya. Akhirnya karbohidrat sampai di usus, dimana mikroba menghancurkan dan mengambil energi lewat proses fermentasi. Dari proses tersebut timbullah gas.

99% gas yang diproduksi tubuh tidak bau

99% gas yang diproduksi di usus terdiri dari hidrogen, karbondioksida, dan metana. Ini semua tidak berbau, oleh sebab itu sebagian besar kentut tidak tercium sama sekali. Sementara 1% yang berbau diakibatkan oleh kandungan sulfur. Makanan yang mengandung sulfur antara lain kacang-kacangan, bawang, kembang kol, brokoli, dan produk-produk susu.

Permen karet dan soda sebabkan kentut

Selain diakibatkan bakteri, sejumlah gas terbentuk dari udara yang dihirup. Gas ini tidak berbau, sebagian besar terdiri dari nitrogen dan oksigen, tetapi jika kentut suara yang keluar tetap sama. Udara masuk ke tubuh terutama ketika kita sedang tidur, tetapi ini juga bisa bertambah jika kita mengonsumsi minuman bersoda dan mengunyah permen karet.