Mentimun, Buah Murah yang Punya Segudang Manfaat

Mentimun/ketimun.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Buah yang sering dianggap sayur ini memiliki jumlah nutrisi yang tak disangka-sangka. Tidak hanya itu, mentimun atau ketimun juga tidak mengandung lemak, sangat sedikit kalori dan kaya air. Mentimun juga mengandung potasium, vitamin K, flavonoid, serat dan fisetin.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Hal tersebut menjadikan buah mentimun baik untuk menjaga tubuh dari dehidrasi dan dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, mentimun juga diketahui dapat membunuh sel kanker, memelihara kesehatan jantung dan mengontrol gula darah. Belum lagi manfaatnya dalam dunia kecantikan.

Lalu, selain yang disebutkan di atas, adakah manfaat lain yang bisa didapatkan dari mentimun? Bersama dr. Marya Haryono, Sp.GK, semua akan dikupas tuntas melalui tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Jumat, 17 Januari 2020 pukul 13.00 WIB>

4 Penyebab Rematik di Usia Muda, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Kemudian, pembahasan selanjutnya adalah mengenai daun saga. Daun saga merupakan tanaman merambat yang banyak dijumpai di hutan karena tumbuh secara liar. Tapi, ada juga yang menanamnya di pekarangan rumah.

Tanaman ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, lantaran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat mencegah radang tenggorokan dan batuk berdahak.

Mandi Malam Hari Diklaim Menyebabkan Rematik, Mitos atau Fakta?

Terus, bagaimana ya cara mengolah daun saga untuk mengobati penyakit dan menjaga kesehatan? Pertanyaan ini akan dijawab oleh dr. LONAH, Sp.FK, masih dalam tayangan yang sama.

Tema terakhir adalah tentang rematik. Rematik merupakan penyakit yang ditandai dengan nyeri sendi yang disebut juga dengan rheumatoid arthritis. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri.

Kondisi tersebut menyebabkan kerusakan pada tulang rawan dan tulang di sekitar sendi. Selain faktor keturunan, memiliki berat badan berlebih juga menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit ini.

Jika ingin tahu lebih jauh tentang penyakit rematik, dr. Ayu Diah Kesuma Pravita Sari, Sp.BP, akan membahasnya masih dalam tayangan yang sama.

Jika tidak sempat menyaksikan Ayo Hidup Sehat di layar kaca, kamu bisa saksikan melalui streaming di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya