Paling Sering Diderita Orang Indonesia, Apa Itu Pengapuran Sendi?

Ilustrasi nyeri sendi.
Sumber :
  • Pixabay/ Andersonvr

VIVA –  Keju menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang karena bisa diolah dengan berbagai jenis masakan. Tak hanya lezat, mengonsumsi keju juga baik untuk kesehatan.

Pasien Osteoarthritis Sudah Tak Mempan Minum Obat? Operasi UKR Bisa Jadi Solusinya

Di Indonesia, makanan dengan keju cukup mudah ditemukan, terutama di kota-kota besar. Keju biasa menjadi topping martabak, kue, roti bakar, pasta, ayam bahkan mi dan nasi berbalut keju leleh.

Namun, seberapa banyak takaran keju yang baik untuk dikonsumsi setiap hari? Apa efek sampingnya jika keju dikonsumsi secara berlebihan?

Nikita Mirzani Jalani Operasi Pengapuran Tulang Belakang

Hal ini akan dipaparkan oleh spesialis gizi klinis, dr Marya W Haryono, M.Gizi, SpGK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa 21 Januari 2020 pukul 13.00 WIB.

Pembahasan lainnya yaitu mengenai pengapuran sendi. Pengapuran sendi adalah penyakit artritis di persendian yang paling sering diderita orang khususnya Indonesia.

2 Tanda Peringatan Arthritis yang Sebabkan Nyeri Sendi

Pengapuran sendi bisa dialami oleh siapa pun, di usia berapa pun, namun penyakit ini umumnya diderita oleh lansia berumur di atas 65 tahun. Selain orang tua, orang-orang lain yang lebih berisiko mengalami pengapuran yaitu mereka yang gemuk dan pernah cedera di sendi.

Selain itu, risiko pengapuran sendi juga kerap muncul pada kondisi terlalu sering menggerakkan persendian, memiliki otot paha yang lemah, atau orang yang punya kecenderungan genetik untuk penyakit ini. Bagaimana penjelasannya lebih detail? Hal ini akan dibahas oleh spesialis orthopedi, dr Realita Malik, SpOT., dalam acara yang sama.
 

Ilustrasi tulang dan syaraf

Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Salah satu penyebab pengapuran sendiri adalah kelebihan berat badan. Berat badan yang berlebih diketahui bisa membuat sendi lebih terbebani.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024