6 Khasiat Minum Air Rebusan Jahe, Pangkas Lemak hingga Cegah Diabetes

Jahe.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA – Jahe merupakan salah satu rempah khas di Indonesia yang banyak digunakan untuk beragam jenis makanan dan minuman. Meski rasanya sedikit pedas, namun khasiatnya yang kaya akan nutrisi ampuh untuk meredam penyakit yang mengintai.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Air jahe dibuat dari air rebusan jahe segar dan dibiarkan dingin. Perasan lemon dan madu bisa dijadikan tambahan untuk menambah cita rasa air jahe tersebut. Menurut ahli gizi Shilpa Arora, air jahe mampu menangani masalah pencernaan dan infeksi flu bahkan meminimalisir gejala asma.

Berikut beberapa manfaat air rebusan jahe untuk kesehatan, dilansir dari laman NDTV Food, Kamis, 23 Januari 2020.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Menyehatkan sistem pencernaan

Segelas air jahe yang dikonsumsi rutin setiap hari dapat memperkuat sistem pencernaan dan mencegah sembelit, mual dan rasa terbakar di dada. Tambahan 1 sendok teh ekstrak daun mint, perasan lemon dan 1 sendok makan madu dapat meredakan morning sickness pada ibu hamil.

5 Manfaat Rahasia Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Cegah diabetes

Mengonsumsi air jahe terbukti mampu meredakan risiko kerusakan ginjal dan mencegah diabetes. Jahe yang kaya akan zinc mampu berperan dalam membantu sekresi insulin

Bantu pangkas lemak

Kadar gula darah tinggi dapat memicu tubuh merasa lapar dan makan terlalu banyak. Air jahe membantu menstabilkan kadarnya dan mengontrol keinginan untuk makan. Ia juga membantu menyerap lemak berlebih di tubuh sehingga bobot tubuh bisa lebih ideal.

Menyehatkan rambut dan kulit

Adanya antioksidan dan vitamin di jahe, membuat kulit sehat alami. Tambahan viramin A dan C di dalamnya juga baik untuk kesehatan rambut. Sifat antibakteri jahe membantu membersihkan pembuluh darah sehingga mencegah penyakit pada kulit.

Cegah Alzheimer’s

Penyakit alzheimer merupakan gangguan pada neurodegeneratif yang berdampak pada sistem saraf pusat. Jahe terbukti secara ilmiah bisa meredakan degenerasi sel otak, sehingga mampu mencegah Alzheimer’s dengan kandungan antioksidan dan inflamasi di dalamnya.

Meredakan sakit otot

Usai olahraga, otot biasanya akan merasa kelelahan. Salah satu cara untuk memperbaiki otot tersebut adalah dengan mengonsumsi segelas ai? jahe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya