Pasien RSPI Sulianti Saroso Suspect Corona Virus

Ilustrasi isolasi pasien
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA – Seorang pasien di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso telah dinyatakan sebagai suspect Corona virus. Meski demikian pihak RSPI sendiri belum menyatakan bahwa pasien tersebut positif Corona virus. 

Ini Alasan Mengapa Kasus Virus COVID-19 Melonjak Tinggi di Singapura Hingga 22 Ribu Kasus

"Ada satu orang pasien dengan suspect tetapi kondisi saat ini masih stabil dan tidak ada perburukan. Belum dinyatakan sebagai novel Corona," ungkap Direktur Medik dan Perawatan RSPI Sulianti Saroso, Dr. Diany Kusumawardhani, Spa, Jumat, 24 Januari 2020. 

Diany menjelaskan bahwa untuk pasien yang memiliki kecenderungan terhadap penyakit tersebut akan langsung ditangani seperti salah satunya di RSPI Sulianti Saroso yang memang menjadi rujukan nasional. Meski demikian, hal itu juga tergantung pada kondisi pasien tersebut. 

Ahli: Infeksi COVID-19 Berulang, Bisa Mempercepat Kematian

Baca Juga: Minggu Terakhir Januari 2020, Akan Berat Dilalui oleh 3 Zodiak Ini

"Intinya kalau dia memang ada kecenderungan ke arah penyakit ini dan sampai saat ini belum bisa dipastikan cara penularan seperti apa maka sebaiknya mendapatkan perawatan terisolasi. Tapi tentunya tergantung dengan kondisi penderita itu," kata Diany. 

Terungkap, Antibodi Pasien Sembuh COVID-19 Bertahan Hingga 2 Tahun

Meski demikian, pihaknya juga masih belum menetapkan status siaga. Hal itu, lanjut Diany masih menunggu dari pihak Kementerian Kesehatan. 

"Jadi dari kemenkes memang meningkatkan kewaspadaan kepada semua faskes atas pelayanan kesehatan menghadapi kemungkinan kasus ini. Tapi sampai saat ini belum ada yang dinyatakan positif," ujar dia. 

"Pada prinsipnya semua kasus ditangani sesuai dengan gejala dan tanda yang timbul. Kemudian pengobatannya pun sesuai dengan kemungkinan dari penyebab penyakit tersebut."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya