Khasiat Tak Terduga Cabai, Turunkan Tekanan Darah Hingga Berat Badan

Ilustrasi cabai.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bagi pencinta rasa pedas, cabai tentu menjadi primadona. Rasa cabai yang pedas dan menggigit di lidah, mampu membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat dan menggugah selera. Selain itu, konsumsi cabai juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Tidak hanya itu, cabai diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, mengurangi risiko terkena penyakit maag, mengurangi rasa sakit, menurunkan tekanan darah, bahkan dapat menurunkan berat badan. Kira-kira itu fakta atau mitos ya?

Bersama spesialis gizi klinik, dr. Verawati Sudarma, Sp.GK, pembahasan seputar cabai dan manfaatnya akan dikupas habis pada tayangan Hidup Sehat di tvOne, Jumat 24 Januari 2020. 

Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik

Setelah itu, ada pembahasan mengenai makanan pedas. Banyak bermunculan tempat makan yang menyajikan makanan dengan level pedas yang dapat dipesan, yang membuat makanan pedas menjadi tren saat ini. 

Tapi jangan sampai berlebihan ya, karena saat mengonsumsi makanan pedas justru malah membuat seseorang menjadi insomnia. Benarkah demikian? Spesialis gizi klinik, dr. Marya Haryono, Sp.GK, akan memberi penjelasan seputar makanan pedas pada tayangan yang sama. 

Daftar Harga Pangan 16 April 2024: Beras hingga Daging Turun

Pembahasan terakhir tentang asam lambung. Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan, pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. 

Penyakit ini dapat mengakibatkan munculnya rasa terbakar di dada. Untuk itu, disarankan untuk menghindari makanan pedas, karena konsumsi makanan tersebut dipercaya dapat meningkatkan asam lambung. 

Fakta atau mitos? Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG, akan membahasnya secara lengkap masih dalam tayangan yang yang bisa disaksikan pada pukul 13.00-14.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya