Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit untuk Isolasi Pasien Virus Corona

Menkes Terawan Agus Putranto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyebut telah menyiapkan tiga rumah sakit untuk menangani wabah virus Corona yang belakangan membuah heboh dunia. Tiga rumah sakit itu punya fasilitas berupa ruang isolasi manakala sewaktu- waktu warga negara Indonesia yang ada di Wuhan, China, dipulangkan ke Indonesia.

Nyamuk Wolbachia Melawan DBD! Menkes Ungkap 5 Wilayah di Jawa yang Sudah Terbebas

"Satu gedung bisa isolasi 100-200 orang itu bisa kita lakukan," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 28 Januari 2020. 

Terawan menyebut, ketiga rumah sakit itu adalah RSPI Sulianti Suroso, RS Tarakan, dan RSPAD Gatot Soebroto. Adapun fasilitas yang tersedia mampu memeriksa secara langsung maupun bertahap apakah pasien yang diduga terkena virus berbahaya itu dinyatakan positif atau tidak. 

Menkes: Prospek Industri Alat Kesehatan Menjanjikan, Indonesia Harus Bisa Produksi Sendiri

"Maka ada table top exercise bagaimana menganalisa dilakukan. Tergantung contigency, kita sudah siap," ujarnya. 

Selain rumah sakit, kata bekas dokter kemiliteran itu, pihaknya pun menyebut telah ada 21 kapsul evakuasi yang ditempatkan di sejumlah pintu masuk negara seperti Bandara dan Pelabuhan. Alat digunakan jika ada masyarakat dari luar negeri terutama China yang diduga dengan gejala virus corona. Beberapa kapsul di antaranya ditempatkan di Jakarta dan Makassar.

Soal Makan Siang Gratis Rp15.000, Apakah Cukup Penuhi Gizi untuk Anak? Ini Kata Menkes

"21 kapsul yang ditempatkan di daerah- daerah membawa dari tempat terduga menuju rumah sakit untuk isolasi," kata dia.
 

Dirawat karena demam berdarah

Jangan Lengah! Meski Fatalitas DBD Rendah, Menkes Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

Angka kematian (fatality rate) yang diakibatkan DBD cenderung rendah. Namun demikian menkes imbau agar keluarga pasien demam berdarah bisa segera membawa pasien DBD ke RS

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024