Logo BBC

Paru-paru Perokok yang Rusak Secara Ajaib Bisa Sehat Kembali

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Paru-paru Anda memiliki kemampuan yang nyaris "ajaib" untuk memperbaiki mutasi kanker akibat merokok - tapi, syaratnya Anda harus berhenti merokok, kata para ilmuwan.

Mutasi yang menyebabkan kanker paru-paru selama ini dianggap sebagai kejadian permanen, dan tetap bertahan setelah berhenti merokok.

Tetapi temuan mengejutkan, yang diterbitkan di jurnal Nature , menunjukkan bahwa sejumlah sel yang lolos dari kerusakan dapat memperbaiki paru-paru.

Dampaknya telah terbukti pada pasien yang merokok satu bungkus rokok berisi 20 batang per hari selama 40 tahun sebelum berhenti merokok.

Ribuan bahan kimia dalam asap tembakau merusak dan mengubah DNA dalam sel paru-paru Anda, dan secara perlahan-lahan mengubahnya dari yang semula sehat menjadi kanker.

Penelitian ini menemukan bahwa daya merusak itu terjadi dalam skala masif dalam paru-paru para perokok bahkan sebelum mereka menderita kanker.


Hasil penelitian menyebutkan orang-orang yang berhenti merokok, hingga 40?ri sel mereka tampak seperti orang-orang yang belum pernah merokok. - Getty Images