Cairan Ini Wajib Disemprotkan ke WNI yang Baru Mendarat dari Wuhan

Evakuasi WNI di Wuhan Terkait Penyebaran Virus Corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI/mrh/aww

VIVA – Kedatangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berhasil dievakuasi dari Hubei, China ke Natuna Kepulauan Riau menarik perhatian luas. Salah satunya saat momen kedatangan para WNI di Bandara Hang Nadim Batam. 

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Para WNI yang turun dari tangga pesawat, langsung disambut oleh para petugas yang memakai pakaian khusus. Yang menjadi perhatian masyarakat adalah petugas berpakaian kuning itu menyemprotkan cairan ke mereka.

Cairan itu menjadi perbincangan, pasalnya cairan yang berasal dari tabung yang digendong petugas bertuliskan alkohol. Terkait dengan hal tersebut, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr. Anung Sugihantono, M.Kes, angkat bicara.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

"Saya paham memang pasti banyak yang menanyakan. Namun itu adalah langkah dari prosedur yang dilakukan untuk orang yang datang," kata dia di Kementerian Kesehatan, Senin 3 Februari 2020. 

Baca juga: Belum Rampung Virus Corona, China Kini Umumkan Wabah Flu Burung

Tak Punya SIM, Begini Hasil Tes Urine Sopir Truk Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Dia melanjutkan, penyemprotan cairan yang sesungguhnya disinfektan itu juga merupakan bagian protokol dari WHO. "Memang dilakukan untuk orang, alat angkut dan barang," jelas dia. 

Untuk diketahui, disinfektan adalah bahan kimia (seperti lisol, kreolin) yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik, atau juga obat untuk membasmi kuman penyakit.

Sebelumnya pada minggu kemarin, sempat beredar video yang menggambarkan WNI yang turun dari tangga pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam langsung disemprot cairan. Cairan berasal dari dalam tabung bertuliskan alkohol yang diangkut petugas. Banyak netizen yang kemudian mempertanyakan penyemprotan alkohol tersebut yang dinilai menyalahi aturan tertentu.

"WNI yg baru kembali ke Indonesia, turun pesawat disemproti alkohol. Mon maap, alkohol itu haram kan? Trus gmn mba2 hijab yg disemprot alkohol? hehe becanda yawloh Takutt..," cuit seorang netizen.

"Abis nonton video WNI dari Wuhan yang diisolasi di Natuna sesampainya di bandara mereka turun pesawat disemprotin alkohol sampe mukanya kena, ada yg matanya kena, dll. Kok ngeliatnya kaya gak manusiawi yah, malah jadi kaya hama.Misi ga ada, samlekum ga ada, maen langsung semprot," tulis netizen lainnya. 

"Kemaren udah disemprotin alkohol biar kayak WNI yang baru pulang. Disambut dengan hujan alkohol di bandara," tulis lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya