Rahasia Berat Badan Gak Naik Lagi Setelah Diet

Ilustrasi wanita/sedih.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Diet memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kita harus mengubah kebiasaan dan harus teratur menjalani gaya hidup sehat untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Jika sudah berhasil menurunkan berat badan, juga bukan berarti permasalahan sudah usai.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Kebanyakan yang terjadi pada orang-orang yang berhasil menjalankan diet, setelah berat badannya turun, kecenderungan untuk naik lagi sangatlah besar. Itu karena mereka cenderung ingin 'balas dendam' dengan mengonsumi makanan apa pun yang dilarang selama menjalani diet

Lalu, bagaimana caranya menjaga berat badan tetap stabil setelah menjalani diet?

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Ditemui saat diskusi kesehatan bersama Kalbe, Medical Scientific PT Kalbe Farma Tbk, dr. Amanda Dianky, memberikan beberapa tips agar diet yang Kamu lakukan tidak sia-sia, terutama agar berat badan tidak naik lagi pasca menjalani diet.

"Sebenarnya kuncinya cuma satu, get back on track and avoid giving up, yaitu kembali ke jalur dan jangan pernah menyerah," ujarnya di KalCare, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Senin, 3 Februari 2020.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Bagaimana cara menerapkan hal tersebut? Ada tiga cara yang harus Kamu terapkan.

Alasan harus jelas

Maksudnya di sini adalah alasan Kamu untuk tetap mengontrol berat badan harus yang benar. Misal, Kamu menjalankan diet agar tetap sehat, bukan untuk alasan estetika, ingin menyenangkan pasangan atau alasan yang lainnya.

Re-engage

-Get support: Supaya berat badan Kamu tidak kembali bertambah, cobalah untuk gabung ke grup-grup diet. Atau Kamu juga bisa mengunduh aplikasi untuk mengontrol diri. Di media sosial, Kamu bisa mengikuti akun-akun olahraga. Intinya yang bisa menyemangati diri Kamu supaya tetap sehat.

-Control: Untuk mengontrol apa yang masuk ke dalam tubuh, Kamu bisa menggunakan smart watch untuk membantu mengontrol kalori. Selain itu,Kkamu juga harus menimbang berat badanmu secara berkala.

Waktu yang tepat untuk menimbang berat badan adalah saat bangun tidur dan sebelum makan. Dan ingat, jangan mengenakan pakaian saat Kamu menimbang.

-Consultation: Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah merasa sombong. Dalam arti, setelah berhasil menurunkan berat badan, ia tak lagi berkonsultasi ke dokter. Padahal hal tersebut berpotensi menaikkan berat badanmu.

Cara terbaik adalah tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli nutrisi, meski berat badanmu sudah turun, Ini untuk mengontrolnya agar tidak naik lagi.

Fokus pada progress

Jangan hanya berfokus pada timbangan dan penurunan berat badan saja. Kamu juga harus fokus pada kemajuan yang telah Kamu dapatkan. Misal, jika dalam kurun waktu tertentu berat badan belum turun, jangan menyerah. Cobalah untuk mengingat perkembangan yang sudah Kamu dapatkan selama menjalani diet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya