Cara Ampuh Cegah Sakit di Musim Hujan, Gampang Banget

Ilustrasi influenza/flu/bersin/pilek.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Cuaca yang kelabu disertai rintik hujan memang cenderung memberikan suhu yang lebih dingin. Di musim ini juga, banyak yang mengeluhkan kondisi tubuh yang menurun dan mudah terserang sakit seperti flu dan batuk.

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Padahal, untuk bisa mencegah sakit di musim hujan bukan hal yang sulit, karena kuncinya ada pada sistem imun tubuh yang baik. Untuk tetap mempertahankan kerja sistem imun dengan baik, salah satu langkahnya yaitu jeli dalam memilih asupan.

"Apalagi musim hujan begini. Makanan baik, kurangi semua jajanan untuk sementara, karena kalau hujan kita enggak tahu (bakteri) dari mana saja. Menu kamu sehari-hari, kan ada nasinya, proteinnya bisa hewani, bisa nabati," ujar Ketua Umum PDGKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia) Prof. DR. Dr. Nurpudji A. Taslim, MPH, SpGK(K), dalam temu media di kawasan Gunawarman, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Yang juga tak boleh terlupakan yaitu pilihan sayur dan buah dalam menu sehari-hari. Menurut Prof Pudji, pilihan sayur dan buah tak mesti mahal melainkan segar dan bergizi.

"Harus ada sayur dan buah. Buah enggak harus mahal, enggak harus anggur, bisa pepaya saja. Keadaan begini, daya tahan tubuh turun, sebaiknya bisa dapat buah yang segar," terangnya.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Prof Pudji juga mengingatkan asupan vitamin dan susu jika memang tubuh masih membutuhkannya. Sebab, keduanya juga merupakan sumber gizi yang pokok yakni sayur, buah serta protein. Ia juga menekankan peran penting rutin mencuci tangan sebelum makan agar membasmi kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan.

"Susu, kan, sumber protein, vitamin dari sayur dan buah. Setiap kali kita mau makan sesuatu, cuci tangan," kata dia.

Tasya Kamila

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Tasya Kamila menyadari tidak bisa selalu mengawasi anak-anaknya 24 jam. Oleh sebab itu, ia punya cara tersendiri untuk menjaga kesehatan anak-anaknya. Bagaimana caranya?

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024