Kemenkes Tak Tahu Kondisi Terkini WNI Positif Corona di Singapura?

Konpres Kemenkes Terkait Corona di Indonesia
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Seorang Warga Negara Indonesia yang tinggal dan menetap di Singapura positif dikabarkan terpapar virus novel Corona beberapa hari yang lalu. Ia sendiri dikabarkan tak memiliki riwayat perjalanan ke Wuhan, China.

Pasien yang bekerja sebagai asisten rumah tangga itu terpapar akibat kontak langsung dengan majikannya yang juga positif virus dari Wuhan itu. Hingga kini masih belum ada kabar terbaru terkait kondisi dari WNI Indonesia tersebut.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Indonesia dr. Anung Sugihantono, megatakan bahwa pihaknya memiliki keterbatasan untuk mengetahui perkembangan kondisi WNI tersebut. Data yang dilaporkan dan diinformasikan ke pihaknya bersifat umum. 

"Mengenai kasus itu tidak sampai detail kondisi tapi lebih pada kasus identitasnya dan apa yang terjadi. Jadi kalau nanya kondisinya seperti apa terus terang dari Kemenkes tidak tahu dan tidak diberikan akses secara bebas," ungkap Anung saat dihubungi melalui sambungan video di Kementerian Kesehatan, Kamis, 6 Februari 2019. 

Update COVID-19 Hari Ini 6 Maret 2022: Kasus Positif Tambah 24.867

Meski demikian, pihak Kementerian Luar Negeri melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia yang berada di Singapura juga terus memantau kondisi WNI tersebut. Hal ini, lanjut Anung, merupakan upaya perlindungan bagi warga negara. 

"Itupun saya meyakini dari Kemlu  dalam mengunjungi tidak bisa  menanyakan satu persatu, dan membawa catatan mediknya ke publik, ada ranah kerahasiaan pasien dan ranah kerahasiaan rumah sakit yang memang menjadi pembatas dari informasi," ungkap Anung

Kasus COVID-19 Terus Turun, Indonesia Sudah Lewati Gelombang 3?

"Yang ada Indonesia pun semacam itu kita tidak bisa membuka informasi perseorangan kecuali izin yang bersangkutan."

Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker.

COVID-19 Menuju Endemi, Aturan Wajib Masker Akan Dihapus?

Sesuai arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Indonesia tengah bersiap menuju endemi COVID-19.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022