Batasan Aman Konsumsi Durian Montong Bagi Pengidap Diabetes

Durian montong di Desa Karanganyar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA – Durian merupakan salah satu buah yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Varian durian pun beraneka macam nama dan bentuknya namun yang paling dikenal adalah Durian Montong.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Durian ini memiliki daging buah berwarna kuning dan tebal, rasanya manis dan durian ini memiliki biji yang kecil. Tak heran durian montong banyak dicari orang, lantaran buah ini kualitas buahnya tak diragukan lagi.

Tapi waspada, jika berlebihan, konsumsi durian bisa membahayakan. Salah satunya memicu tekanan darah tinggi jika asupannya melebihi 500 gram.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

"Menurut penelitian kalau dimakan lebih dari 500 gram, meningkatkan tekanan darah. 500 gram itu kira-kira kalau besar banget ukurannya, 1 butir durian kalorinya bisa sampai 200-300gram," ujar spesialis Gizi Klinis, dr Raisa Edwina Juanda M.Gizi, SpGK dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Senin 10 Februari 2020.

Bukan cuma itu, durian montong juga tidak disarankan untuk dikonsumsi untuk penderita diabetes. Sebab, kandungan gula di dalamnya bisa berbahaya memicu kenaikan kadar gula darah pada pengidap diabetes.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Pada diabetes, tidak aman karena gulanya sangat tinggi. Per 100 gram durian, gulanya 15 gram atau setara 1,5 sdm. Khawatir berlebihan makannya karena sekali makan enggak cukup satu butir," terangnya.

Untuk mengonsumsinya, sebaiknya hindari bersamaan dengan kopi. Di dalam durian terdapat zat sulfur yang bersifat menimbulkan gas di tubuh. Sementara, kafein dalam kopi juga memiliki dampak yang sama.

"Sistem pencernaan jadi sulit mencerna keduanya. Dampak kematian atau keracunan belum ada di penelitian tapi balik lagi apakah orang yang mengonsumsinya sudah punya penyakit maag kronis atau jantung dan seberapa banyak durian dan kopi dikonsumsi. Tapi memang sebaiknya dihindari," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya