Jangan Sampai Telat, Kenali Gejala Penyakit Jantung Sebelum Serangan

Ilustrasi serangan jantung.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Serangan jantung merupakan kondisi dimana pasokan darah ke jantung tiba-tiba tersumbat. Biasanya serangan jantung terjadi saat pembuluh darah arteri menyempit karena penumpukan plak. 

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

Jika suplai darah ke sebagian jantung terhambat akibat penyumbatan, maka akan terjadi serangan jantung. Penyakit jantung sendiri merupakan salah satu penyakit yang mematikan, terutama ketika seseorang tidak mengenali gejala atau tandanya. Lantas, bagaimana mengenali gejala penyakit jantung?

Dalam program Hidup Sehat di tvOne, dr. Vito Damay, Mkes, SpJP (K) FIHA, FICA menjelaskan bahwa ciri atau gejala dari penyakit jantung antara lain sesak napas, sakit dada atau berdebar. Ketika mengalami beberapa gejala tersebut ada baiknya memeriksakan diri. 

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

"Segera periksakan apakah ada gangguan pada jantung atau tidak. Lalu berdebarnya seperti apa, kalau sampai pingsan dan gelap serta susah diajak ngomong," jelas dia.

Selain itu cepat, lelah juga bisa menjadi salah satu pertanda penyakit jantung. Sebabnya, ketika fungsi jantung yakni memompa darah ke seluruh tubuh berkurang atau lemah maka nutrisi dan oksigen ke otak tidak sampai ke seluruh tubuh. Hal ini membuat badan terasa cepat lelah.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Vito menjelaskan, untuk mencegah penyakit jantung, masyarakat disarankan untuk berhenti merokok, mengatur porsi makan, olahraga minimal 30 menit sehari, mengontrol tekanan darah dan mengontrol berat badan. 

"Untuk pola makan, kalau pagi hari boleh makan bubur gandum secukupnya, berhenti sebelum kenyang. Siang makannya nasinya 2 kepal tangan setengah porsi sayur, lauk pauknya setelapak tangan, malam makan sayur atau sup saja jangan makan karbo," jelas dia.

Ilustrasi Scaling Gigi

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Scaling gigi adalah prosedur membersihkan plak dan karang gigi. Plak adalah lapisan warna putih di permukaan gigi ketika bakteri dalam mulut bereaksi dengan sisa makanan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024