Khasiat Super Bawang Hitam Turunkan Kolesterol hingga Gula Darah

Bawang Hitam
Sumber :
  • Pixabay/ch1310

VIVA – Mungkin, kamu masih asing jika mendengar kata bawang hitam. Ya, bawang hitam merupakan hasil fermentasi dari bawang putih, yang hasilnya membuat bawang putih menjadi berwarna hitam. Layaknya bawang putih, ternyata kandungan yang ada di dalam bawang hitam jauh melebihi bawang putih lho.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Melalui tayangan Hidup Sehat di tvOne, Senin 17 Februari 2020, Spesialis Farmakologi klinik, dr. Lonah SpFK, menjelaskan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada bawang hitam jauh lebih tinggi dibanding bawang putih.

Selain itu, rasa bawang hitam juga jauh lebih baik dari bawang putih. Jika bawang putih cenderung terasa getir, bawang hitam memiliki rasa yang lebih manis dan gurih akibat proses fermentasi. Lalu, adakah manfaat lain yang didapatkan jika rutin mengonsumsi bawang hitam?

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

"Sebagian besar orang meyakini mengonsumsi bawang hitam dapat mengobati penyakit kolesterol. Ini bisa dibilang fakta, karena menurut hasil penelitian, bawang hitam dapat membantu orang dengan masalah kolesterol," ujar dr. Lonah SpFK.

Lebih lanjut dr. Lonah menjelaskan, bawang hitam juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Menurut berbagai hasil penelitian, bawang hitam dapat membantu menstabilkan gula darah, tapi hanya pada orang yang sehat.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

"Pada penderita diabetes boleh mengonsumsi bawang hitam, dengan catatan hanya sebagai pendamping pengobatan, tanpa meninggalkan resep atau pengobatan dari dokter," lanjut dia.

Tidak hanya itu, Lonah turut menjelaskan, bawang hitam mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh, termasuk sel otot. Jika mengonsumsi antioksidan dalam takaran yang cukup, sel tubuh kita akan terlindungi, sehingga mampu meningkatkan stamina, bahkan melindungi otak.

Tapi ingat, jangan mengonsumsi bawang hitam saat perut kosong ya. Berikut batas aman untuk mengonsumsi bawang hitam, sesuai anjuran dokter.

"Paling banyak dua siung bawang atau sekitar 30-40 gram. Tapi, kalau sudah diekstrak dalam bentuk kemasan, pil, kapsul atau obat, harus mengikuti aturan yang tertera pada kemasan obat tersebut," kata Lonah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya