Punya Banyak Pasangan Bercinta, Waspada Kanker Mengintai

Ilustrasi pasangan/bercinta.
Sumber :
  • Freepik/nikitabuida

VIVA – Studi menemukan bahwa seseorang yang bercinta dengan lebih dari 10 orang selama hidupnya, cenderung berisiko diintai kanker. Kelompok perempuan yang pernah bercinta dengan melebihi angka tersebut bahkan lebih berisiko mengidap kanker.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Dikutip dari laman Daily Star, studi ini dilakukan di 5 negara yakni Inggris, Austria, Turki, Kanada, dan Italia. Data di studi ini berdasarkan English Longtudinal Study of Ageing (ELSA) yang mencakup orang dewasa berusia 50 tahun atau lebih.

Terdapat 5.722 partisipan yang menuturkan total pasangan seksual yang dimiliki semasa hidupnya dan mendata kondisi kesehatan yang dimilikinya. Kelompok yang memiliki pasangan seksual lebih banyak saat muda, cenderung banyak merokok, minum alkohol dan banyak melakukan aktivitas yang kuat.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Rata-rata usia partisipan tersebut 64 tahun dan hampir tiga perempat menikah. Sekitar 22 persen di antaranya adalah pria dan kurang dari 8 persennya wanita yang memiliki pasangan seksual lebih dari 10.

Para peneliti kemudian menemukan kaitan signifikan antara jumlah pasangan seksual dengan risiko kanker. Di mana pada kelompok wanita yang memiliki lebih dari 10 pasangan seksual selama hidupnya, berisiko 91 persen didiagnosa kanker.

Sebelum Pengumuman Kanker, Kate Middleton Sempat Bertemu dengan Raja Charles

Sementara pada kelompok pria dengan pasangañ seksual kurang dari 10, risiko kanker sebesar 57 persen. Namun, untuk kelompok pria dengan pasangan seksual lebih da?i 10, berisiko 69 persen idap kanker.

Meski studi ini tidak mengatakan penyebab di balik penemuannya ini, namun peneliti mengingatkan akan bahaya penyakit menular seksual yang mungkin ditulari oleh pasangan. Sehingga disarankan agar mereka yang telah aktif secara seksual untuk rutin melakukan skrining sebagai langkah deteksi dini.

William, Kate Middleton dan ketiga anaknya

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Pangeran William dan Kate Middleton dikabarkan memutuskan untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk dan pergi berlibur. Pangeran dan Putri Wales serta ketiga anaknya.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024