20 Detik Cuci Tangan Pakai Air Hangat dan Sabun Bisa Cegah Corona

Ilustrasi mencuci tangan.
Sumber :
  • Freepik/shayne_ch13

VIVA – Kasus virus Corona (COVID-19) terus bertambah. Hingga saat ini secara total tercatat ada 73.348 kasus virus corona. Dari data itu diketahui 1.868 korban tewas akibat virus ini. Namun demikian ada sekitar 10.615 pasien yang dinyatakan pulih dari virus corona. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Untuk menghindari penyebaran virus lebih lanjut dan untuk memastikan seseorang tetap sehat adalah mencuci tangan. Mencuci tangan menjadi salah satu tindakan pencegahan virus corona yang perlu dilakukan dan yang paling mudah dilakukan. 

Seperti yang dilaporkan oleh Huffington Post, virus corona dapat menyebar ketika tetesan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti air liur atau lendir, tersebar melalui udara atau ke permukaan. Seperti halnya virus, satu cara pasti untuk membunuh kuman adalah dengan mencuci tangan, dan memastikan Anda mencucinya cukup lama.

Pakar Sebut Penyakit Infeksi Rentan Menular, Tapi Cegahnya Mudah

Dilansir dari laman Asiaone, menurut National Health Service Inggris, seseorang harus mencuci tangan dengan air hangat dan sabun selama sekitar 20 detik, dengan penggunaan sabun kira-kira 3 kali tekanan pada botol cuci tangan.

Yang perlu diperhatikan saat mencuci tangan, tangan harus digosok dengan cepat. Selain itu pastikan memastikan punggung tangan dan jari-jari bagian dalam juga terusap sabun dengan rata.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Jika sabun dan air tidak tersedia, seseorang dapat memilih pembersih tangan dengan kadar alkohol sebesar 70 persen untuk menghilangkan kuman. Dalam hal perlindungan diri lainnya, seseorang juga disarankan untuk menutupi wajah Anda dengan tisu atau siku saat bersin atau batuk. Selain itu, disarankan untuk menghindari kontak langsung dengan hewan hidup di daerah yang terkena karena hewan dapat membawa virus.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023