Air Rebusan Ketumbar Bisa Cegah Anemia Hingga Turunkan Gula Darah

Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Ketumbar menjadi salah satu bumbu yang wajib ada di dapur. Lantaran ketumbar dapat membuat masakan bukan hanya enak tapi juga dapat mengeluarkan aroma pada makanan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Bukan hanya untuk memasak, ketumbar juga diketahui memiliki manfaat kesehatan. Berbentuk bulat kecil berwarna coklat, ketumbar diketahui mengandung nutrisi seperti protein, lemak, dan kalsium. 

Dalam program Hidup Sehat di tvOne, dr. Tulus Satriasih SpFK menjelaskan manfaat air rebusan ketumbar yang baik untuk mencegah anemia. Air rebusan ketumbar mampu mencegah terjadinya anemia karena biji ketumbar mengandung vitamin dan mineral esensial, termasuk zat besi. 

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Selain itu, air rebusan ketumbar diketahui juga dapat menurunkan kolesterol karena kandungan minyak atsiri dapat menjaga kadar kolestrol jahat, dan menjaga kolesterol baik. Rebusan air ketumbar pun bisa membantu menurunkan gula darah diabetes. Sebabnya, kandungan flavonoid yang ada di ketumbar mampu merangsang produksi insulin dalam tubuh.

"Kadar gula darah turun ini pada percobaan hewan, belum ada dosis ke manusia tapi ini bisa jadi pendamping, tapi konsultasikan ke dokter," jelas dia.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Tulus menambahkan, rebusan air ketumbar juga dapat mengatasi gangguan pencernaan. Sebab, kandungan minyak atsiri serta antioksidan dalam ketumbar dapat merangsang pengeluaran enzim di pencernaan.

"Caranya bisa diminum secara rutin pagi atau malam, satu sendok teh dibuat minuman," jelas dia.

Terakhir, manfaat dari konsumsi air rebusan ketumbar adalah dapat mengatasi nyeri sendi terutama bagi mereka yang berusia lanjut. Hal ini lantaran adanya kandungan flavonoid pada ketumbar yang dapat mengatasi peradangan pada sendi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya