Ashraf Sinclair Meninggal, Kenali Gejala Serangan Jantung Saat Tidur

Ashraf Sinclair.
Sumber :
  • instagram/@Ashraf Sinclair

VIVA – Ashraf Sinclair yang merupakan suami dari artis Bunga Citra Lestari atau Noah meninggal dunia, Selasa, 18 Februari 2020. Sebelum meninggal, ia mengalami serangan jantung pada pukul 04.00 WIB. 

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Menyusul meninggalnya Ashraf, beredar sebuah pesan berantai di WhatsApp yang mengklaim berasal dari rumah sakit tempat dia sempat dirawat. Dalam pesan itu, disebutkan bahwa ayah satu anak tersebut ditemukan tidak bernapas saat sedang tertidur. 

Hingga kini, VIVA sendiri masih mencoba mencari tahu kebenaran tentang kabar tersebut. Namun, seperti dilansir dari Live Strong, Selasa, 18 Februari 2020, seorang ahli saraf di University of Tennessee Medical Center di Knoxville menyebut bahwa serangan jantung bisa terjadi baik siang atau pun malam hari. 

Duka Mendalam Baim Wong dan Armand Maulana atas Kepergian Donny Kesuma

"Serangan jantung paling umum disebabkan oleh pecahnya plak dan ini dapat terjadi secara spontan, malam atau siang," kata Jeffrey H. Johnson, MD.

Tergantung pada jenis dan intensitas gejala serangan jantung, seseorang mungkin bangun ketika mengalami serangan jantung, atau mungkin tidak.

Riwayat Sakit Donny Kesuma Sebelum Meninggal, Alami Lemah Jantung Hingga Pernah Pasang Ring

"Serangan jantung saat tidur belum tentu menyebabkan seseorang terbangun. Ada serangan jantung 'sunyi' yang digambarkan sebagai sunyi karena pasien mungkin tidak perlu merasakan atau merasakan ketidaknyamanan di dada," ucapnya.

"Kadang-kadang, tetapi tidak selalu, serangan jantung sunyi saat tidur dapat bermanifestasi sebagai kematian jantung mendadak,” tambahnya.

Risiko penyakit tersebut bisa dikurangi jika sejak awal mengetahui gejalanya. Gejala serangan jantung terkadang mirip dengan gejala flu, kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, kecemasan atau otot tegang. 

Gejala-gejala ini dapat berlangsung selama berhari-hari, menurut American Heart Association (AHA). Selain itu, tidak setiap serangan jantung terlihat sama. Nyeri dada, meskipun menjadi tanda paling umum dan terkenal dari serangan jantung, bisa saja terjadi dan bisa juga tidak. 

Berikut ini gejala yang mesti Kamu waspadai. Mulai dari nyeri dada atau ketidaknyamanan di bagian dada, sesak napas, mual dan muntah, rasa sakit atau tidak nyaman pada rahang, bahu, leher, lengan, punggung atau area di atas pusar, sakit kepala atau pusing dan keringat dingin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya