Negatif COVID-19, Indonesia Justru Khawatir Mutasi Virus H1N1

Masker Polusi Udara
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Hingga saat ini, virus corona baru atau COVID-19 masih belum terkonfirmasi terjadi di Indonesia. Menurut data per 18 Feberuari 2020 pukul 18.00 WIB, ada 112 spesimenn yang telah diperiksa oleh laboratoirum Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan. 

Soekarno-Hatta Earns the Most Recovered Airport in Asia-Pacific

Data tersebut berasal dari 41 Rumah Sakit yang tersebar di 21 Provinsi. Dari 112 yang diperiksa, 110 di antaranya negatif sedangkan 2 di antaranya masih dalam proses.

"Hingga saat ini masih belum ada kasus confirm positif, di seluruh wilayah Indonesia," ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto, saat ditemui di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

DMI Gelar Muktamar ke-VIII, Ini Tiga Agenda Penting yang Dibahas

Meski dinyatakan negatif COVID-19, namun dari spesimen tersebut ditemukan virus H1N1 atau flu babi. Namun, Yuri meminta masyarakat untuk tidak terlalu khawatir terkait dengan hal itu. 

"Kebanyakan H1N1 ini yang kita anggap sebagai virus yang lazim di dalam influenza. Tapi kita harus diteliti lagi jangan-jangan ada mutasi lagi di H1N1 sehingga menimbulkan keluhan yang lebih berat," kata Yuri. 

Jaksa KPK Ungkap Andhi Pramono Dapat Kiriman Uang 'Lekas Sembuh' Rp80 Juta saat Sakit Covid-19

Oleh karena itu, menurutnya, Laboratorium Litbangkes tidak hanya berfungsi untuk memeriksa spesimen, melainkan juga digunakan untuk kepentingan penelitian. 

"Karena ini asli Indonesia kalau dia macam-macam nanti akan banyak yang kena, karena H1N1 anak sini, kalau COVID, kan anak sana," ujar Yuri.  

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(B.S.Putra/VIVA)

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada Kejaksaan Tinggi Sumut terkait kasus dugaan korupsi pengadaan saat COVID-19.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024