Bukan Cuma Redakan Batuk, Ini Manfaat Lain Kencur untuk Kesehatan

Kencur
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kencur menjadi salah satu bumbu dapur yang memiliki beragam manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya sebagai bumbu dapur, kencur diketahui memiliki beragam manfaat kesehatan bagi mereka yang mengonsumsinya.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Dalam program Hidup Sehat di tvOne, Rabu 26 Febraurai 2020, Spesialis Farmakologi, dr. Lonah, Sp,FK menjeleskan bahwa manfaat mengonsumsi olahan kencur dapat membantu mengatasi batuk. Hal ini kata dia karena  adanya kandungan antitusif pada kencur yang dapat meredakan batuk.

"Membantu mengatasi keluhan batuk, bukan menyembuhkan penyebabnya. Sebab, kencur memiliki bahan aktif yaitu antitusif yang membantu mengatasi batuk. Selain itu, dalam kencur juga terdapat efek antibakteri dan anti peradangan," kata dia.

TBC Masih Jadi Penyakit Menular Serius, Bisa Ditularkan di Tempat Kerja

Selain itu, sari dari kencur juga dapat mengatasi masalah diare. Sebab, kandungan zat aktif yang membantu menciutkan mukosa yang menyelimuti usus. Dalam paparannya, dr. Lonah juga menjelaskan bahwa kencur juga dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

"Secara empiris masyarakat kita mengolah kencur menjadi minuman hangat. Karena aroma dan taste-nya yang wangi dan enak, kencur dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, kencur juga membuat perut nyaman, sehingga ketika makan jadi jauh lebih enak," kata dia.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Selain itu, kencur juga diketahui memiliki manfaat anti nyeri. Hal ini lantaran adanya kandungan efek analgetik pada kencur yang bisa mengatasi nyeri.

"Ini bisa dikonsumsi dengan takaran 10 gram kencur dicampurkan dengan 100 ml air. Kencur sendiri setara dengan obat analgesik jenis metampiron," kata dia.

Tasya Kamila

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Tasya Kamila menyadari tidak bisa selalu mengawasi anak-anaknya 24 jam. Oleh sebab itu, ia punya cara tersendiri untuk menjaga kesehatan anak-anaknya. Bagaimana caranya?

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024