Kabar Gembira, Mi Instan Ternyata Tak Berpengawet dan Mengandung Lilin

Ilustrasi mie instan.
Sumber :
  • Freepik/dashu83

VIVA – Kandungan natrium dan MSG yang tinggi pada mi instan, membuat makanan satu ini dapat menimbulkan banyak risiko kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, banyak orang yang menyebut bahwa mi instan juga mengandung banyak pengawet.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Namun, spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, MS, SpGK(K), menentang anggapan tersebut. Dalam produk mi instan ternyata tidak mengandung pengawet sama sekali. Mi instan mengandung pengawet, disebut hanya mitos.

"Kalau dilihat dalam bungkus mi instan, coba perhatikan di sana tidak tercantum kalau mi instan mengandung pengawet. Tapi, kalau baca komposisinya ada antioksidan TBHQ, yang membuat makanan tersebut menjadi lebih tahan lama," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne.

Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Menurut dokter Ida, salah satu fungsi antioksidan TBHQ adalah reservatif yang mampu membuat makanan menjadi lebih tahan lama. Namun, antioksidan TBHQ bukanlah pengawet. Nah, selain itu, di masyarakat juga ada anggapan bahwa mi instan mengandung lilin. Benarkah demikian?

"Mitos. Enggak ada kandungan lilinnya, yang ada hanya mengandung tepung terigu," tambah dia.

Langkah Memulai Hidup Sehat, Hindari 6 Makanan Putih Ini

Namun, meski mi instan tidak mengandung pengawet dan lilin, bukan berarti kamu bisa dengan bebas mengonsumsi sesuka hati, ya. Sebabnya, konsumsi mi instan berlebih bisa menyebabkan obesitas.

"Mi instan mengandung banyak kalori. Kalau sering mengonsumsi mi instan akan kelebihan kalori sehingga bisa berisiko obesitas," kata Ida.

Ilustrasi mie instan.

Sering Makan Mi Instan? Hati-hati, Ginjalmu Bisa Bermasalah!

Mi instan merupakan salah satu jenis makanan instan yang digemari lantaran dianggap makanan yang murah, mudah dimasak dan memiliki aneka varian rasa menggugah selera.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024